Pemerintah Buat Simulasi untuk Pindahkan ASN ke IKN Nusantara

Ilustrasi PNS.
Sumber :
  • vstory

JakartaMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah telah membuat simulasi untuk penempatan aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Menurut dia, pemerintah akan menyesuaikan penempatan ASN di IKN Nusantara.

Beda dengan Sule, Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini Saat Prosesi Tarik Bakak Ayam Jadi Sorotan

“Kita buat simulasi untuk bulan Maret, Juli dan Agustus. Kita akan sesuaikan mereka yang pindah,” kata Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan pada Senin, 20 November 2023.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Photo :
  • ANTARA/Gilang Galiartha
Moeldoko Sebut Insentif Hybrid Hambat Mobil Listrik, Toyota Komentar Pedas

Selain itu, Azwar mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan supaya ASN yang akan pindah dinas di IKN Nusantara diberikan insentif, baik untuk keluarga dan lainnya.

“Termasuk insentif mereka yang akan pindah ke IKN, termasuk keluarga anak yang akan tinggal di sana. Termasuk indeks kemahalan dan kepindahan di IKN,” ujarnya.

Hyundai Siap Sediakan Mobil Listrik untuk Pejabat Tinggi Indonesia

Menurut dia, jumlah ASN yang akan dipindahkan tugasnya ke IKN tahap pertama sekitar 1.200 orang sampai 3.200 orang. Akan tetapi, kata dia, hal ini juga melihat dari selesainya pembangunan gedung di IKN dulu.

“Tergantung selesainya selesainya gedung di sana. Kan ada gedung yang kalau belum nikah bisa sharing, kalau udah nikah dan keluarga sedang kita rencanakan,” jelas dia.

Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN Nusantara.

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Ia mengaku sudah excersice hampir setiap kementerian dan jabatan akan pindah ke IKN, termasuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hanya saja, kata dia, ada kementerian/lembaga dan pejabatnya pindah duluan dan tidak.

“Intinya begitu tempat disana siap, kita sudah siap. Tetapi kemarin dari Presiden menammbahkan lagi untuk segera diexcersice terkait dengan insentif yang ada disana, termasuk percepatan sekolah. Jadi sekolah TK, SD, SMP dan SMA yang berstandar nasional dan internasional segera disiapkan. Sehingga, ketika ada PNS yang pindah kesana putra-putrinya sudah siap sekolah. Jadi enggak perlu Sabtu-Minggu balik ke Jakarta,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya