Moeldoko Bilang Pemerintah Jangan Rem Kejar Target Pembangunan Meski Masuk Tahun Politik

Moeldoko Dalam Acara Peluncuran Capaian Kerja 2023
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, mengatakan pemerintah tidak boleh terhambat dalam mengejar target-target pembangunan meski telah memasuki tahun politik Pemilu 2024. Menurut dia, pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin masih tersisa satu tahun lagi.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Justru, kata dia, tahun politik harus menjadi momentum untuk menginjak pedal gas dalam mengejar target pembangunan. Bukan menginjak pedal rem karena takut dengan suara noise di ruang publik, atau malah cari aman dengan gigi netral.

“Jangan sampai negara dibiarkan bergerak menggeloyor begitu saja,” kata Moeldoko dikutip pada Jumat, 24 November 2023.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Mantan Panglima TNI, ini menyebut pemerintah harus bisa menjaga kepercayaan publik agar target pembangunan tercapai. Makanya komunikasi pemerintah dengan masyarakat perlu dibangun dengan baik.

“Komunikasi yang baik akan membangun kepercayaan dan menggerakkan publik,” jelas dia.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Karena, kata dia, tidak mudah membangun jembatan komunikasi saat situasi politik seperti sekarang ini. Sebab, Moeldoko menyebut masyarakat gamang dengan adanya perbedaan pilihan. Makanya, kata dia, kegamangan ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk mampu membangun jembatan komunikasi yang profesional dan netral kepada masyarakat.

“Jika kondisi tersebut dibiarkan, akan berdampak berkurangnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Padahal, trust ini pondasi kita untuk melayani publik,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya