Gunung Anak Krakatau Meletus Empat Kali, Menggetarkan Kaca

CCTV merekam lontaran abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau. (Ilustrasi)
Sumber :
  • Dokumentasi PVMBG

Banten – Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali meletus hari ini, Senin, 27 November 2023. Setelah sehari sebelumnya, Minggu, 26 November 2023, juga terjadi empat kali letusan dengan ketinggian semburan abu vulkaniknya mencapai 1.000 meter di atas puncak. Hal itu diunggah dalam Magma Indonesia, aplikasi resmi milik PVMBG, Kementrian ESDM.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Gunung Anak Krakatau (GAK) hari ini, Senin, 27 November 2023, meletus sebanyak empat kali, sejak pagi hingga siang. Letusan pertama terjadi pukul 08.17 wib, dengan ketinggian semburan abu vulkaniknya 200 meter. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal, condong ke arah barat laut. Erupsi terekam di alat seismogram dengan amplitudo maksimum 70 mm selama 8 detik dan terdengar suara dentuman.

Gambaran Anak Gunung Krakatau habis erupsi bersamaan hari gempa di Banten

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama
10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

Letusan lainnya terjadi pukul 09.23 wib dengan ketinggian 500 meter dari atas puncak, dengan kolom abu berwarna kelabu mengarah ke barat laut. Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 73mm selama 10 detik dan terdengar suara dentuman.

Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama
Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Abu Setinggi 1,5 Km

Selang delapan menit, Gunung Anak Krakatau kembali erupsi dengan semburan abu vulkaniknya mencapai 1.000 meter dari atas puncak. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke barat laut. Letusan itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum nya 79mm selama 39 detik, terdengar suara dentuman dan mengakibatkan kaca bergetar.

Letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali terjadi pukul 11.43 wib, kolom abu berwarna kelabu hingga hitam, mengarah ke barat laut.

Erupsi Gunung Anak Krakatau terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 77mm selama 1 menit 26 detik.

Saat ini, Gunung Anak Krakatau berada di Level III atau Siaga, dengan rekomendasi masyarakat, nelayan dan wisatawan dilarang mendekat dalam radius 5km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya