Keliling ke Jawa Timur, Mahfud MD Ziarah ke Sejumlah Makam Kiai NU

Mahfud MD saat berdoa di makam Kiai Haji Wahab Hasbullah
Sumber :
  • Uki Rama

Jombang - Calon wakil presiden (Cawapres) pasangan nomor urut 3, Mahfud MD, berkunjung ke Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu 2 Desember 2023.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo ini, datang ke Jombang dan sejumlah wilayah di Jawa Timur untuk melakukan ziarah di beberapa tempat. Salah satunya di makam salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Kiai Haji Wahab Hasbullah.

Mahfud MD saat berdoa di makam Kiai Haji Wahab Hasbullah

Photo :
  • Uki Rama
Cak Imin Rahasiakan Calon dari PKB Untuk Pilgub Jatim: Kalau Bocor Ketahuan Khofifah Bahaya

Sekitar pukul 13.00 WIB, Mahfud MD tiba di halaman makam Kiai Haji Wahab Hasbullah. Mahfud disambut oleh sejumlah pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang.

Setelah bertemu dengan pengurus Ponpes, Mahfud selanjutnya melakukan doa di makam Kiai Haji Wahab Hasbullah, dengan beberapa relawan.

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

"Dua hari ini saya keliling Jawa Timur, acara yang pertama halaqah di beberapa tempat dan pengajian umum, tapi kunjungan ziarah hanya ke sini kiyai Wahab Hasbullah," kata Mahfud.

Mahfud menyebut, ia sengaja ziarah ke makam Kiai Haji Wahab Hasbullah karena semasa hidup Kiai Haji Wahab sangat mencintai tanah air Indonesia.

"Beliau sangat menginspirasi nasionalisme dengan ungkapan khubul waton minal iman. Itu sangat terkenal di Indonesia, dan ini lahir dari kiyai Wahab Hasbullah maka saya berziarah ke sini," ujar Mahfud.

Mahfud MD saat berdoa di makam Kiai Haji Wahab Hasbullah

Photo :
  • Uki Rama

Setelah berziarah ke makam Kiai Haji Wahab Hasbullah, Mahfud akan melanjutkan ziarah ke makam presiden ke 4 Abdulrahman Wahid alias Gus Dur di Ponpes Tebuireng.

"Habis dari sini saya akan berziarah ke Gus Dur di Tebuireng, lalu besok ke kiai As'ad Syamsul Arifin di Situbondo kemudian, ke kiai Zaini di Paiton, lalu pertemuan besarnya tadi ada di Trenggalek, dan nanti malam di Sidoarjo lalu besok malam ke Bondowoso," tutur Mahfud MD. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya