Jokowi Bantah Cak Imin yang Ngaku Ditawari Jadi Menhan: Enggak Ada Jatah-jatah

Presiden Jokowi berikan keterangan pers.
Sumber :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menepis pengakuan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sempat ditawari jatah Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Menurut Jokowi, tidak ada jatah untuk menteri tersebut.

Nama Samaran 11 Presiden AS yang Jarang Diketahui, Ada Obama hingga Donald Trump

“Enggak ada jatah-jatah seperti itu ya. Enggak ada,” kata Jokowi di Jakarta pada Senin, 4 Desember 2023.

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Sebut Situasi Indonesia Kondusif Pascapemilu

Jokowi yang merupakan Presiden Republik Indonesia dua periode, yakni 2014-2019 dan 2019-2024 ini menegaskan bahwa pengangkatan dan pemberhentian menteri itu merupakan wewenangnya.

“Kementerian, menteri itu hak prerogratif Presiden,” ujarnya.

Menko Polhukam Tak Bahas Pertemuan Jokowi dan Megawati saat Bertemu Sri Sultan HB X

Sebelumnya, cawapres nomer urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengkaim bahwa dirinyalah yang sebelumnya ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Indonesia Maju, bukan Prabowo Subianto.

Cak Imin menjelaskan hak tersebut karena ingin merespons Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto telah menyatakan bahwa narasi perubahan yang dibawa PKB dan koalisinya di Pilpres 2024, padahal PKB dan NasDem masih ada di dalam pemerintahan.

Lebih lanjut, Cak Imin menuturkan kalau PAN meruapkan partai yang tidak mendukung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2014 dan 2019. Dia membandingkannya dengan PKB yang mendukung Jokowi.

"PAN ini dua kali pemilu dukung Prabowo, mau tiga kali gagal lagi dia ini. 2014 dukung Prabowo, 2019 dukung Prabowo. Saya 2014 dukung Jokowi, 2019 dukung Jokowi. Ya saya ini sebetulnya pengawal Jokowi dari awal," ujar Cak Imin kepada wartawan di Indonesia Millenial and Gen-Z Summit dikutip Senin 27 November 2023.

Tetapi PAN justru mendapatkan kedudukan di pemerintahan padahal tidak pernah mendukung Jokowi. Pun, Cak Imin juga menjelaskan kepada Prabowo Subianto yang tadinya kursi Menteri Pertahanan akan dijanjikan untuk Cak Imin.

"Tiba-tiba dia (PAN) masuk koalisi Jokowi, dapat menteri satu, lumayanlah, enggak ada hujan, enggak ada angin. Saya hanya ingin sampaikan, termasuk Pak Prabowo, tiba-tiba jadi menteri, aslinya Menhan itu saya sebetulnya, janjinya begitu," kata dia.

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat hadir di acara HUT ke-12 Partai Nasdem.

Photo :
  • VIVA/Zendy

Ketum PKB itu menyebut koalisi yang ada saat ini tidak bisa disebut berada di dalam atau di luar pemerintahan. "Jadi koalisi ini adalah koalisi yang tidak bisa disebut dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan, koalisi ini adalah koalisi yang memang berkembang, fleksibel, sangat cair," bebernya.

PKB saat ini justru bergabung dengan Koalisi Perubahan yang diisi oleh Partai Nasdem dan PKS. Koalisi itu sepakat mendukung pasangan Anies Baswedan dan Cak Imin maju di pilpres 2024. Pasangan Anies-Cak Imin telah menyandang nomer urut satu di pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya