Imbas Longsor di Banyumas, 10 Perjalanan KA Dari dan Tujuan Yogyakarta Dialihkan

Kereta api angkutan lebaran di Stasiun Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Banyumas – Longsor yang menutup rel kereta api di KM 340+100 !antara Stasiun Karanggandul-Karangsari Kabupaten Banyumas pada Senin, 4 Desember 2023, dinihari menyebabkan terjadinya gangguan keberangkatan kereta api dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyampaikan permohonan maaf karena sejumlah kereta api tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 mengalami gangguan akibat terimbas longsoran yang terjadi di Banyumas.

“Longsoran sendiri terjadi karena pengaruh curah hujan yang sangat tinggi di wilayah tersebut,” kata dia, Senin, 4 Desember 2023.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Jalur kereta api di antara Stasiun Sukatani dan Ciganea Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang tertimbun longsor secara bertahap sudah tertangani dan bisa dilintasi kereta api pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Photo :
  • ANTARA

Akibat kejadian tersebut, lanjut dia, sejumlah KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 ada yang dibatalkan sebagian rutenya di beberapa relasi dan dialihkan memutar lewat jalur utara melalui Gundih - Semarang - Tegal - Cirebon. Rute lain untuk pengalihan memutar lewat Kroya - Banjar - Bandung - Cikampek.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

“Hingga pukul 08.00 WIB Daop 6 mencatat terdapat 10 KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 dialihkan memutar antara lain yaitu KA Kamandaka, Ranggajati, Argo Semeru, Fajar Utama Solo, Fajar Utama Yk, Bengawan, Gajahwong, Taksaka, Argo Lawu, dan Taksaka,” sebutnya.

“Fajar Utama Yogya keberangkatan pukul 07.00, lewat Kroya - Banjar - Bandung - Cikampek - Jakarta. Argo Lawu keberangkatan Solo pukul 08.30 lewat Gundih - Semarang - Tegal - Cirebon – Jakarta,” tambahnya.

Sedangkan untuk kereta api dari Jakarta dengan tujuan Klaten hingga Yogyakarta, menurut dia, Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstapen atau pengalihan moda transportasi seperti bus atau alternatif KA dari arah Solo ke Klaten dan Yogyakarta.

”Para pelanggan tidak perlu khawatir dan diimbau untuk terus memperhatikan arahan petugas di stasiun. Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121," tutup Krisbiyantoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya