Bukan Terdampar Tapi Imigran Rohingya Sudah Ada Niat Ingin Tinggal di Indonesia, Begini Pengakuannya

Pengungsi Rohingya yang mendarat di pesisir Aceh Besar
Sumber :
  • Istimewa/VIVA

Aceh – Banyak pengungsi Rohingya yang meninggalkan kamp-kamp pengungsian di Cox’s Bazar, pantai tenggara Bangladesh. Mereka rela menyeberangi lautan sejauh 1.800 kilometer menuju Indonesia dengan kondisi perahu yang sudah reyot.

Gelombang Panas di Gaza, 2 Anak Palestina Dinyatakan Tewas

Pekan lalu, polisi dan nelayan Indonesia mulai berpatroli di beberapa wilayah di Aceh untuk mencegah pendaratan perahu para pengungsi Rohingya. Dari informasi yang dihimpun, lebih dari 1.000 warga Rohingya tiba di Indonesia tahun ini, jumlah terbesar sejak 2015.

Sebanyak 184 Pengungsi Rohingya mendarat lagi di Aceh.

Photo :
  • Istimewa.
Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Beberapa waktu yang lalu, ada dua pengungsi Rohingya yang bisa berbahasa Inggris mengungkapkan alasannya ingin tinggal di Indonesia. 

Diketahui bahwa kedatangan mereka tidak disambut baik warga Aceh dan diminta untuk meninggalkan Indonesia. Namun, salah satu pengungsi Rohingya bernama Abdurrahman itu mengaku tidak mau ke mana-mana dan hanya ingin tinggal di Indonesia saja. Ia menilai jika Indonesia adalah negara yang damai.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

“Kami tidak mau pergi ke mana pun dan hanya ingin tinggal di negara ini saja. Kami tidak ingin kembali. Kapal kami mengalami kerusakan mesin. Bagaimana kami bisa pergi ke tempat lain?" ujarnya, dikutip cuplikan video akun TikTok @andi.sanjaya86, Selasa, 5 Desember 2023.

“Kami hanya pergi ke sini, di negara ini negara yang damai ini. Karena itu kami ke sini,” imbuhnya.

Para imigran Rohingya

Photo :
  • Tangkapan layar

Sementara itu, pengungsi Rohingya yang lain juga mengatakan hal yang sama. Ia menganggap Indonesia adalah tempat yang baik dengan orang-orang yang jujur.

“Dan kami memutuskan jika kami pergi ke negara lain seperti Indonesia yang merupakan tempat yang baik dan damai dengan orang yang jujur. Maka kami memutuskan ke Indonesia dan mereka akan membantu kami,” kata pengungsi Rohingya bernama Muhammad.

Meski begitu, banyak warganet yang tetap menolak kehadiran imigran Rohingya ke Indonesia. Beberapa di antaranya mengatakan jika suatu saat nanti bisa jadi para imigran Rohingya menjajah Indonesia.

Ayok lah kita bersatu tolak pengungsi Rohingya, serius aku komen tdi udh kehpus , curiga sama UNCHR, mau jajah indo secara perlahan kah?,” kata netizen.

Udah jelas niatnya dari awal ke indonesia,, bukan terdampar ini,” ujar netizen lainnya.

Tuhkan tjuan mreka ingin menetap , bukan krna terdampar,” sahut yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya