Saat Jokowi Main Bola di Labuan Bajo, Pakai Baju Nomor 22 dan Lakukan 2 Penyelamatan

Presiden Jokowi pakai jersey bernomor 22 saat main sepak bola di NTT
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Manggarai Barat – Saat kunjungannya ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri bermain sepak bola di lapangan Wae Kesambi, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin 4 Desember 2023 sore.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

Presiden Jokowi yang turun sebagai penjaga gawang memakai jersey warna biru dengan nomor punggung 22 berkelir putih pada bagian bahu dengan celana pendek warna merah. Sorak sorai penonton dari pinggir lapangan bergemuruh selama kurang lebih 20 menit laga ini berlangsung.

Presiden Jokowi pakai baju bernomor 22 saat main sepak bola di NTT

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono memilih menjadi kiper dari tim lawan. Sedangkan satu tim dengan Presiden yakni Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake dan juga Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi.

Walau diguyur hujan gerimis, namun laga yang bertajuk pertandingan persaudaraan tersebut berlangsung seru. Jual beli serangan pun dipertontonkan oleh kedua tim. 

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Dua gol tercipta dalam laga bertajuk "persaudaraan" ini. Goal pertama tercipta melalui tendangan pelan Hubertus dari tim yang dipimpin Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Namun selang beberapa saat saja, Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan umpan satu dua dari Bupati Mabar Endistasius Endi yang menendang bola dari sayap kanan.

Hingga laga usai, kedudukan tidak berubah, 1-1. Presiden Jokowi dalam pertandingan tersebut juga terlihat melakukan dua kali penyelamatan menggagalkan serangam tim lawan yang berjuluk Laskar Komodo.

Pesan persuadaraan

Usai pertandingan, Presiden menyampaikan jika pertandingan yang berlangsung dalam kondisi hujan ringan itu membawa pesan persudaraan.

"Yang paling penting gembira dan sportif. Yang paling penting itu. Pertandingan persaudaraan persahabatan yang paling senang Pak Gubernur senang Pak Bupati Senang semua senang," ujar Presiden Joko Widodo.

Ia juga sangat senang karena masyarakat terhibur menonton pertandingan bola tersebut. “Saya sempat kegolan satu tadi, namun saya juga dua kali melakukan penyelamatan,” tambah Jokowi.

Adapun Hubertus yang mencetak gol ke gawang Presiden Jokowi mengaku sedikit canggung setiap kali menggring bola berhadapan dengan kiper yang adalah seorang Presiden. Namun dia menilai Jokowi memiliki strategi permainan yang bagus, mengajarkan sportifitas dan persaudaraan.

"Permainannya sangat bagus dan saya bangga dapat mencetak goal ke  gawangnya Pak Presiden sungguh luar biasa karena jauh-jauh datang bermain dengan kami di desa sini di Batu Cermin. Istilahnya permainan kekeluargaanlah. Rasa persadaraanya begitu tinggi di antara kami bersama Bapak Presiden. Kami bangga bahagia sekali bisa bermain bersama Bapak Presiden," puji Hubertus.

Presiden Jokowi pakai jersey bernomor 22 saat main sepak bola di NTT

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Seperti diketahui, dalam kunjungannya ke Labuan Bajo yang dimulai Senin 4 Desember 2023, Kepala Negara dan rombongam melakukan beberapa agenda yakni meninjau gudang Bulog Batu Cermin untuk mengecek persediaan beras sekaligus membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada sejumlah keluarga penerima manfaat.

Presiden Jokowi juga bakal memimpin kegiatan tanam pohon di embung Golo Mori. Selama 2 hari di NTT Jokowi juga terbang menggunakan helikopter ke Kabupaten Nagekeo lalu kembali lagi ke Labuan Bajo untuk beberapa kegiatan sebelum bertolak kembali ke Jakarta pada Selasa sore, 5 Desember 2023.

Laporan: Jo Kenaru – NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya