Nagari Batu Plano Mulai Dihujani Abu Vulkanik Gunung Marapi

Hujan abu vulkanik mengenai tanaman di Nagari Batu Plano, Sungai Pua, Sumbar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

Agam – Wilayah Nagari Batu Plano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa, 5 Desember 2023 terdampak hujan abu vulkanik Gunung Marapi

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

Selain mulai menutupi ruas jalan dan kendaraan, material abu vulkanik juga sudah mulai berdampak terhadap tanaman di lahan pertanian warga setempat.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Api Marapi mencatat, sejak letusan dan erupsi pertama pada Minggu, 3 Desember 2023, tercatat ada sebanyak 51 letusan dan 129 hembusan. Total korban jiwa yang meninggal akibat peristiwa ini mencapai 11 orang dan 12 pendaki masih dinyatakan hilang.

Dua Warga Dilaporkan Hilang akibat Longsor di Padang

Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus

Photo :
  • Dok BNPB

Meski demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam hingga kini masih belum mengambil langkah evakuasi warga di zona terdampak. Terdapat dua kecamatan yang berada di radius cukup dekat dari Gunung Marapi, yakni Kecamatan Sungai Pua dan Candung, Kabupaten Agam.

Antisipasi Letusan Lebih Besar, 5.000 Korban Erupsi Gunung Ruang Dilarang Tinggalkan Pengungsian

“Belum melakukan langkah evakuasi masyarakat. Karena kondisi masih landai,” kata Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito, Selasa, 5 Desember 2023.

Ia menyebutkan, aktivitas warga sampai saat ini masih berjalan seperti biasa meski di Kecamatan Candung, debu erupsi masih turun. Warga sudah mengenakan masker untuk mengantisipasi dampak kesehatan.

“Untuk Kecamatan Candung debu erupsi yang turun masih terjadi. Warga tetap menggunakan masker,” ujarnya. 

Diketahui, hingga kini tim SAR gabungan masih melakukan proses evakuasi terhadap pendaki yang menjadi korban letusan dan erupsi Marapi. Data sementara, tercatat ada 14 pendaki yang ditemukan dengan rincian, 3 orang di antaranya selamat, 11 dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan 12 pendaki lainnya hingga kini masih belum diketahui keberadaannya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya