Menko PMK Muhadjir Temui Heru Budi Bahas Kemiskinan Ekstrem di Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menemui Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, yaitu Heru Budi Hartono, Selasa, 5 Desember 2023. Pertemuan keduanya membahas soal penanganan kemiskinan ekstrem dan lingkungan kumuh di DKI Jakarta.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Kedatangan ini untuk konsultasi mengenai beberapa masalah penanganan kemiskinan ekstrem dan juga penanganan daerah kumuh di DKI Jakarta," ujar Muhadjir, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023.

Muhadjir menjelaskan pembahasan soal penanganan kemiskinan ekstrem sudah dikoordinasikan dengan Heru Budi beberapa waktu lalu. Sehingga, kata dia, pertemuan kali ini bertujuan untuk mematangkan dan mengevaluasi hasil pertemuan sebelumnya.

8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia

"Kemarin saya sudah berkoordinasi, bersilaturahmi ke sini, sekitar tiga hingga empat bulan yang lalu. Jadi ini kita melakukan evaluasi untuk langkah-langkah lebih jauh," katanya.

Menko PMK Muhadjir Effendy di Manado Sulawesi Utara

Photo :
  • Istimewa
Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Sebagai informasi, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan bahwa jutaan warga Indonesia mengalami kemiskinan ekstrem.

Deputi Bidang Koordinasi dan Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono menyebutkan, sedikitnya 3,3 juta warga Indonesia mengalami kemiskinan ekstrem. Data terbanyak berada di wilayah Indonesia bagian timur.

"Kurang lebih 3,3 juta di seluruh Indonesia, tentu kita bisa melihat ada persentase angka kemiskinan yang tinggi. Ini saudara-saudara kita di Indonesia bagian timur," kata Nunung di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023.

"Kita melihat jumlah penduduk yang banyak di Jawa; meskipun persentasenya kecil, jumlah penduduknya banyak maka nilai absolutnya menjadi tinggi," ujarnya.

Dengan data tersebut, Nunung menyebutkan, pemerintah harus segera turun tangan dan memberikan langkah khusus demi menangani kemiskinan ekstrem di wilayah Indonesia bagian timur.

Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku optimis tingkat kemiskinan ekstrem di Indonesia bakal turun drastis pada 2024. Jokowi mengatakan pemerintah akan bekerja keras untuk menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem di akhir masa jabatannya.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan mati-matian untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem. “Kita akan kerja keras dan mati-matian agar nanti di 2024 itu sudah pada posisi nol kemiskinan ekstrem kita,” kata Jokowi di Sekolah Partai PDI Perjuangan (PDIP), Lenteng Agung, Jakarta, pada Selasa, 6 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya