Bukit di Wonogiri Longsor Timbun Warga, Kantor SAR Semarang Kirim Tim Pencari

Tim SAR mencari korban tanah longsor di Wonogiri, Jateng.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Wonogiri – Sebuah bukit longsor di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, selasa, 5 Desember 2023. Material longsor menimbun areal sawah di bawahnya.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Saat itu ada sejumlah warga yang sedang berada di sawah. Sebagian bisa lari menghindar dari longsor, tapi ada warga yang terkena longsor dan tertimbun tanah. Warga lain yang melihat hal itu langsung melaporkan ke pihak berwenang.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartantolo yang mendapat laporan segera memerintahkan tim terdekat dengan lokasi, untuk melakukan pencarian.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Heru mengungkapkan, warga yang terkena longsor bernama Mijem (60), laki-laki asal Dusun Mendang RT 02/04 Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Ia tertimbun material tanah longsor. Hingga Rabu, 6 Desember 2023, ia masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Tim SAR mencari korban tertimbun tanah longsor di Wonogiri, Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno
Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

"Kronologi kejadian, pada Selasa (05 Desember 2023), sekiar pukul 09.25 WIB survivor sedang beraktivitas di ladang merabuk jagung. Namun tiba- tiba terjadi tanah longsor. Saat kejadian di lokasi ada beberapa orang yang lain bisa lari, tapi bapak Mijem tidak sempat, dan tertimbun longsor," ujarnya.

Ia menambahkan, lokasi pertanahan sawah bentuknya terasering, dan di atas ada bukit yang tingginya sekitar 50 meter. Bukit itu longsor menimpa persawahan menyebar luas sekitar 25 meter.

"Upaya pencarian dan pertolongan tim SAR gabungan dibagi menjadi 3 sektor. Tim berupaya dengan metode membersihkan puing longsoran dengan menggunakan alat cangkul dan pompa air menyemprotkan bidang longsor untuk mengurai longsoran," kata Heru.

Hingga saat ini pencarian masih terus berlangsung. Petugas terus berupaya melakukan proses pencarian dan berkejaran kondisi cuaca di musim hujan.

"Semoga tim SAR gabungan diberi kemudahan dalam pencarian dan korban cepat ditemukan," kata Heru lagi.

Laporan Teguh Joko Sutrisno 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya