Kisah Pilu Siska Afrina Korban Erupsi Marapi: Si Pecinta Alam itu Berpulang Jelang Wisuda

Jasad korban erupsi Gunung Marapi Siska Afrina yang dievakuasi Tim SAR Gabungan.
Sumber :
  • tvOne-Andri Saputra

AgamJenazah terakhir korban tewas erupsi Gunung Marapi sudah ditemukan dan dievakuasi Tim SAR gabungan pada Rabu sore, 6 Desember 2023. Korban tersebut adalah mahasiswi bernama Siska Afrina (22).

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Siska jadi korban tewas ke-23 dari bencana erupsi yang terjadi pada Minggu, 3 Desember 2023. Jenazah Mahasiswi Universitas Padang (UNP) itu ditemukan persis di sebelah Tugu Abel Tasman, lokasi penanda jalur menuju puncak Merpati bagi para pendaki Gunung Marapi.

Proses evakuasi jenazah Siska berlangsung kurang lebih dua jam karena di tengah erupsi Gunung Marapi yang terus terjadi. Sementara, keluarga Siska sudah menunggu di RSUD Achmad Mokhtar Kota Bukittinggi.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Orangtua Siska, Masiswardi dan Murni, mencoba tegar atas peristiwa yang terjadi terhadap putrinya. Pun, saat mobil ambulans yang membawa jenazah Siska datang di Pos Disaster Victim Identification (DVI) Ante Mortem Biddokkes Polda Sumbar.

Selanjutnya, tim medis membawa jenazah Siska ke Ruangan Instalasi Forensik dan Medikolegal. Upaya itu untuk proses identifikasi dan pemandian jenazah.

Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga

“Sekarang sudah mulai tenang," kata ayah Siska, Masiswardi di RSUD Achmad Mochtar, Rabu malam, 6 Desember 2023.

Tim SAR mengevakuasi korban erupsi Gunung Marapi di Sumbar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

Masiswardi tak banyak bicara, ia terlihat mencoba tegar. Dia dan keluarga telah ikhlas di tengah rasa harap-harap cemas sebelum jenazah Siska ditemukan.

“Dia (Siska) memang pecinta alam. Sejumlah gunung sudah didaki. Suka kamping,” ujar Masiswardi.

Jelang Wisuda

Siska tercatat salah satu mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Non Formal Universitas Negeri Padang (UNP). Siska rencananya akan melangsungkan wisuda pada 18 Desember 2023.

Hal itu dibenarkan Sekretaris UNP Erian Joni. Menurut dia, jadwal wisuda rencanya dilangsungkan 9 Desember 2023. “Awalnya tanggal 9, diundur jadi tanggal 18 Desember,” ujar Joni.

Petugas mengevakuasi jenazah korban erupsi Gunung Marapi di Nagari Batu Plano, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, untuk diidentifikasi Rumah Sakit Dr Achmad Mochtar, Bukittinggi, Selasa, 5 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Dia menuturkan untuk wisuda almarhumah Siska, akan tetap dilaksanakan. Menurut dia, pihak keluarga bisa menggantikan almarhumah untuk prosesi wisuda nantinya. “Bisa digantikan orang tua maupun keluarga dan saudara lainya,” ujarnya.

Kesaksian Tim dari Mapala UNP

Saitul Hamid, satu dari sembilan orang tim dari Mapala UNP berikan kesaksian saat detik-detik jenazah Siska ditemukan. Rombongan ini, adalah bagian dari Tim SAR gabungan yang pertama kali menemukan jenazah Siska.

"Kami temukan di Tugu Abel Tasman sebelah kanan,” kata Hamid.

Tak ada tanda-tanda pengenal saat jenazah ditemukan. Namun, Hamid sangat hafal wajah Siska yang merupakan temannya tersebut.

Meski penuh abu vulkanik, ia yakin jenazah yang ditemukan itu adalah temannya sesama di Mapala. “Karena saya sudah kenal wajah Siska, dengan ciri-ciri wajahnya sama. Saya pastikan (saat ditemukan) itu Siska,” lanjutnya.

Sebelum jasad Siska, tim SAR menemukan tenda yang biasa digunakan almarhumah. Kata dia, rombongan Siska, kberjumlah lima orang melakukan aktivitas pendakian.

“Lokasi Kamping jauh (dari lokasi ditemukan). Karena posisinya (pendaki) ini sedang di atas (Tugu Abel Tasman)," ujarnya.

Laporan: Andri Saputra dari Agam-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya