Menag akan Minta Tambah Kuota Jumlah Petugas Haji Indonesia ke Arab Saudi

Petugas Haji dampingi jemaah Indonesia berjalan kaki di Mina.
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Jakarta - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut akan bertemu dengan Pemerintah Arab Saudi untuk membicarakan soal jumlah petugas haji dari Indonesia. Sebab, jumlah kuota jemaah calon haji dari Indonesia telah diberi tambahan sebesar 20 ribu oleh Kerajaan Arab Saudi.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Dia menyampaikan petugas haji perlu ditambah karena kuota jemaah yang bertambah. Ia menekankan dengan jumlah jemaah haji yang ditambah mesti jadi perhatian karena bukan pekerjaan mudah.

“Presiden kemarin sudah menyampaikan ketika kunjungan ke Riyadh bertemu Pangeran MBS, di mana Presiden menyampaikan Indonesia mendapat tambahan kuota 20 ribu. Ini kita sudah bersama DPR, dan tentu ini bukan pekerjaan mudah. Kuotanya bertambah, justru petugasnya berkurang,” kata Gus Yaqut di Kantor Kementerian Agama pada Jumat, 8 Desember 2023.

Penasaran Senam Rahasia Jemaah Haji? Yuk, Intip 28 Ribu Jemaah Beraksi!

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

Photo :
  • Kemenag

Oleh karena itu, Gus Yaqut akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk membahas soal jumlah petugas jemaah calon haji. Menurut dia, jumlah petugas ini sangat penting mengingat calon jemaah haji lanjut usia (lansia) masih banyak.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

“Besok temanya juga masih sama dengan tahun lalu, memberikan pelayanan kepada prioritas jamaah lansia. Jadi kurang lebih ada 30 persen dari total jamaah haji kita lansia,” ujar Gus Yaqut.

Menurut dia, kalau petugasnya dikurangi maka dikhawatirkan akan mengurangi pelayanan terhadap lanjut usia (lansia). Makanya, Gus Yaqut akan meminta kepada Pemerintah Arab Saudi untuk diberikan jumlah petugas Indonesia secara proporsional.

“Kalau petugasnya dikurangi, ini akan saya kira pelayanan terhadap lansia kualitasnya juga berkurang karena seiring berkurangnya petugas,” jelas Gus Yaqut.

“Ini saya akan minta petugas yang diberikan ke Indonesia ini proporsional, jumlah jemaah ditambah kuotanya kita berterima kasih kepada Kerajaan Saudi, tapi kita juga mohon agar petugasnya ditambah supaya proporsional,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya