Prabowo Sebut Minat Negara Lain ke Produk Pesawat Produksi RI Meningkat

Prabowo bersama TNI Angkatan Udara di Halim Perdanakusuma, Jakarta
Sumber :
  • Dok.Istimewa

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan banyak negara tertarik dengan produksi pesawat buatan anak bangsa. Hal tersebut diungkapkan Prabowo saat menyerahkan lima unit pesawat NC-212i buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kepada TNI Angkatan Udara di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023. 

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

“Filipina pakai, Thailand pakai, Vietnam pakai, beberapa negara di timur tengah juga memakai [NC-212i]. Tentu kita berharap PTDI produksinya akan bisa lebih banyak,” kata Prabowo. 

Pesawat NC-212i buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI)

Photo :
  • Dok.Istimewa
Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Selain CN-212i, Prabowo mengatakan Indonesia melalui PTDI juga memproduksi sejumlah jenis alutsista seperti pesawat N-219 dan CN-235 yang disebut Prabowo juga diminati banyak negara. 

“PTDI akan produksi (peswat jenis) N-219, termasuk yang amfibi, kemudian CN-235, minatnya sangat besar. Begitu banyak menteri pertahanan datang ke saya telepon bertanya, ingin CN-235,” jelas Prabowo. 

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Adapun lima pesawat CN-212i tersebut akan memperkuat Skadron Udara 4, Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Prabowo meminta personel matra udara untuk meningkatkan kemampuan dan menjaga alutsista tersebut dengan baik. 

“Kita semua kagum dengan pengabdianmu, jaga moril seluruh anggotamu, pertahankan kualitas perawatan sebaik-baiknya,” kata Prabowo.

Prabowo bersama TNI Angkatan Udara di Halim Perdanakusuma, Jakarta

Photo :
  • Dok.Istimewa

Prabowo juga mengungkapkan penghargaan pada pengabdian TNI AU. Ia berpesan agar seluruh personel matra udara untuk meningkatkan kemampuan serta menjaga alutsista sebaik-baiknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya