Klaim Rakyat Tak Percaya Demokrasi, Prabowo ke Anies: Gak Mungkin Anda Jadi Gubernur!

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Dalam debat pertama calon presiden yang dilaksanakan pada 12 Desember 2023 kemarin malam, Prabowo Subianto memberikan tanggapan kepada capres Anies Baswedan soal demokrasi. Prabowo menilai bahwa pernyataan Anies soal demokrasi terlalu berlebihan. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

"Mas Anies... Mas Anies... Saya berpendapat Mas Anies ini agak berlebihan. Mas Anies mengeluh tentang demokrasi ini dan itu," kata Prabowo di panggung Debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa, 12 Desember 2023 malam. 

Calon presiden dari koalisi Indonesia Maju tersebut menyinggung Anies yang terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta karena diusung oleh partai politik yang menjadi oposisi. Ia juga menilai bahwa Anies tidak akan menjadi gubernur bila demokrasi tidak berjalan lancar. 

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Prabowo Subianto

Photo :
  • Dokumentasi TKN

“Mas Anies dipilih jadi Gubernur DKI menghadapi pemerintah yang berkuasa, saya yang mengusung bapak. Kalau demokrasi kita tidak berjalan tidak mungkin Anda menjadi gubernur," ungkap Prabowo Subianto dengan tegas kepada Anies Baswedan. 

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Capres nomor urut 2 itu pun mengatakan bahwa pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukan otoriter. Menurutnya, pemerintah masih menjamin berjalannya proses demokrasi sampai saat ini. Sebab, ketika Pilgub DKI Jakarta 2017, Gerindra adalah oposisi pengusung Anies. 

“Kalau Jokowi diktator, anda tidak mungkin jadi gubernur. Saya waktu itu oposisi Mas Anies, anda ke rumah saya. Kita oposisi, anda terpilih,” katanya lagi.

Capres Prabowo Subianto menanggapi pernyataan capres Anies Baswedan

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

Seperti diketahui, KPU menggelar debat perdana Pilpres 2024 pada Selasa malam kemarin. Debat kali ini mengusung tema mengenai pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat tersebut digelar secara langsung di halaman Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada pukul 19.00 WI. Dua jurnalis yaitu Ardianto Wijaya dan Valerine Dahniel ditunjuk sebagai moderator dengan durasi debat sekitar 120 menit. 

Para pasangan calon hadir bersama sesuai nomor urut mereka antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. KPU juga menghadirkan 11 orang panelis di debat tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya