Otorita Janji Tingkatkan Sinyal di Kawasan IKN Nusantara

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta - Juru Bicara Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Troy Pantouw mengatakan Otorita telah mendorong kerja sama dengan pihak penyedia lahan untuk meningkatkan sinyal di kawasan IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Otorita IKN senantiasa berusaha meningkatkan kualitas sinyal di kawasan IKN, tentu kerja sama dengan pihak penyedia agar warga yang ada di IKN dapat beraktivitas dengan baik," kata Troy dikutip pada Rabu, 13 Desember 2023.

Namun, Troy mengatakan saat ini masih dalam proses pembangunan sehingga jaringan BTS yang dipasang bersifat sementara. Akan tetapi, kata dia, Otorita IKN memastikan bakal meningkatkan kapasitas jaringan di IKN Nusantara.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dok. PUPR

"Karena masih dalam proses pembangunan, maka jaringan BTS yang dipasang bersifat sementara. Kami pasti akan meningkatkan kapasitasnya," ujarnya.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Diketahui, Kepala OIKN telah menerbitkan Surat Edaran tentang Pedoman Teknis Pemanfaatan Bersama Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Sub Wilayah Perencanaan IA Ibu Kota Nusantara pada 18 Oktober 2023.

Surat Edaran tersebut meminta partisipasi badan usaha dalam investasi dan pembiayaan infrastruktur TIK, termasuk penyediaan infrastruktur telekomunikasi.

Surat Edaran Kepala OIKN meminta pelaku usaha untuk pemerataan dan percepatan penyelenggaraan telekomunikasi, melalui penyediaan jaringan telekomunikasi yang mencakup jaringan fiber optik (backbone/backhaul) untuk layanan fixed broadband, mobile broadband, konektivitas ke layanan pusat data (data center), dan jaringan seluler 5G yang menawarkan akses dengan kecepatan dan kapastitas sangat tinggi yang dapat diakses dimanapun oleh masyarakat.

Sementara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pembangunan IKN Nusantara tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Makanya, Jokowi minta semua pihak turut serta membangun kawasan IKN.

“Pemerintah tidak bisa sendiri, butuh peran semua dari kita, butuh kontribusi semua dari kita, termasuk utamanya para pengusaha, para investor, para CEO, dan Bapak-Ibu semuanya yang hadir di sini,” kata Jokowi pada 2 November 2023.

Desain Sekretariat Presiden di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

Sebelumnya, mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghadap Presiden Jokowi rencananya akan membangun memorial untuk pahlawan Proklamasi di IKN Nusantara, yakni Presiden ke-1 RI, Soekarno (Bung Karno) dan Wakil Presiden Mohammad Hatta (Bung Hatta).

“Diputuskan akan ada memorial untuk pahlawan Proklamasi. Jadi nanti ada patung Soekarno-Hatta sebagai simbol dari bapak bangsa, pendiri bangsa. Akan kita selesaikan di tahun depan ini,” kata Emil sapaan Ridwan Kamil.

Rencananya, kata Emil, Presiden Jokowi dijadwalkan akan kembali berkunjung ke IKN Nusantara untuk melakukan peletakan batu pertama atau groudbreaking pada pekan depan.

“Persiapan rencana Bapak Presiden ke IKN, kemungkinan minggu depan. Karena ada 10 sampai 12 proyek yang akan groundbreaking lagi. Ini menandakan memang tahap sekarang itu sudah tahap membangun, dan mayoritas datang dari investasi swasta dalam negeri yang antusias,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya