Patung Soekarno-Hatta akan Dibangun di IKN Nusantara

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama.

Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas perkembangan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menurut dia, Presiden Jokowi akan membangun memorial untuk pahlawan Proklamasi di IKN, yakni Presiden Soekarno (Bung Karno) dan Wakil Presiden Mohammad Hatta (Bung Hatta).

“Diputuskan akan ada memorial untuk pahlawan Proklamasi. Jadi nanti ada patung Soekarno-Hatta sebagai simbol dari bapak bangsa, pendiri bangsa. Akan kita selesaikan di tahun depan ini,” kata Ridwan Kamil dikutip pada Rabu, 13 Desember 2023.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Reforestasi IKN.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.

Menurut dia, pembangunan Istana Kepresidenan di IKN Nusantara akan mengusung budaya Indonesia. Tentu saja, kata dia, bangunan Istana Kepresidenan di IKN akan berbeda dengan di Jakarta yang berkonsep kolonial. Sehingga, akan menjadi kebanggaan karena dibangun bangsa sendiri dengan menampilkan keragaman budaya.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

“Kita ini kaya dengan sumber inspirasi. Jadi istananya jangan kayak gini. Ini kan budaya barat, enggak ada cerita. Nanti di Istana Presiden itu ada cerita rakyat, batik dari seluruh nusantara, ragam hias, folklore. Semua ditampilkan etalase kekayaan kita dalam bentuk arsitektur. Menurut saya, itu akan sangat luar biasa. Kita akan sangat bangga punya tempat yang dibangun oleh bangsa sendiri,” ujarnya.

Tangkapan layar - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di kawasan titik nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022.

Photo :
  • ANTARA/Indra Arief

Dengan demikian, Ridwan Kamil menyebut Presiden Jokowi dijadwalkan akan kembali berkunjung ke IKN Nusantara untuk melakukan peletakan batu pertama atau groudbreaking pada pekan depan.

“Persiapan rencana Bapak Presiden ke IKN, kemungkinan minggu depan. Karena ada 10 sampai 12 proyek yang akan groundbreaking lagi. Ini menandakan memang tahap sekarang itu sudah tahap membangun, dan mayoritas datang dari investasi swasta dalam negeri yang antusias,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya