Bareskrim Luncurkan Aplikasi Pengambilan Sidik Jari Tanpa Antre

Ilustrasi Reserse Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Kepala Bareskrim Polri, Komjen Wahyu Widada diwakilkan Wakil Kepala Bareskrim Polri, Irjen Asep Edi Suheri bersama Kepala Pusat Inafis Bareskrim, Brigjen Mashudi melaunching Ceremony AK23 Online Ticketing Mobile Application di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023.

Satgas Pangan Blak-Blakan Soal Penyebab Gagal Panen Bawang Merah di Brebes

Wakil Kepala Bareskrim, Irjen Asep Edi mengapresiasi diluncurkannya aplikasi baru yang merupakan terobosan inovasi dari Pusat Inafis Bareskrim Polri. Menurut dia, aplikasi ini tentu tujuannya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam pengambilan dan perumusan sidik jari, yang menjadi salah satu syarat dalam penerbitan SKCK melalui aplikasi ticketing.

Irjen Pol Asep Edi Suheri

Photo :
  • HO-Polres Nunukan
Satgas Pangan Polri Sidak Gudang Bawang Merah di Brebes, Awasi Penimbunan

"Proses pelayanan pengambilan dan perumusan sidik jari terhadap masyarakat menjadi lebih cepat, tanpa adanya antrean dan juga lebih mudah. Online mobile Application ini dapat diunduh melalui AppStore dan Playstore," kata Asep.

Menurut dia, terobosan sebagai bentuk integritas pelayanan Korps Bhayangkara kepada masyarakat yang diharapkan mampu menjawab tantangan di era digitalisasi 4.0. Oleh karenanya, ia berharap sinergi diperlukan agar implementasi dari aplikasi yang digagas Pusat Inafis Bareskrim berjalan dengan baik.

Polri Bakal Pindahkan Personel ke IKN Mulai Pertengahan 2024

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, sinergitas antara Baintelkam, Pusiknas, Pusinafis dan stakeholder lainnya dalam menerbitkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi lebih baik. Sehingga, kepuasan masyarakat kepada Polri dapat semakin meningkat," jelas dia.

Selanjutnya, ia menambahkan bahwa melalui sistem AK23 online ticketing mobile ini, data sidik jari dan wajah pemohon SKCK dapat direkam dan disimpan pada data base Pusinafis. Tentu saja, kata dia, hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi Pusat Inafis Bareskrim Polri sebagai bantuan teknis identifikasi dalam rangka penegakan hukum.

Ilustrasi Gedung Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

"Saya mengharapkan kepada para anggota identifikasi satuan wilayah, tingkatkan komunikasi dan kerja sama dengan Sat Intelkam untuk memaksimalkan proses pengambilan sidik jari, serta mengoptimalkan pelayanan perekaman dan perumusan sidik jari menggunakan system digitalisasi AK23 online," ujarnya.

SKCK Prabowo Subianto maju capres

Photo :
  • Istimewa

Sementara Ketua Harian Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Benny J. Mamoto mengapresiasi atas aplikasi AK23 online yang diresmikan oleh Bareskrim Polri. Menurut dia, memang saat ini masyarakat membutuhkan pelayanan yang tidak bertele-tele dan rumit.

“Masyarakat sekarang menghendaki pelayanan yang cepat dan sederhana. Dengan bantuan aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk menyampaikan data, kemudian mendaftar tidak perlu menunggu lama. Nah, ini yang sangat diharapkan oleh masyarakat," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya