Ganjar Pranowo Gunakan Baju Dayak Hadiri Nitilaku Dies Natalis UGM ke-74

Ganjar Pranowo di Nataliku Dies Natalis UGM ke-74 tahun 2023
Sumber :
  • VIVA/ Cahyo Edi

Yogyakarta – Ganjar Pranowo, terlihat ikut menghadiri perayaan Nitilaku Dies Natalis UGM ke 74 yang digelar pada Minggu 17 Desember 2023.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Ganjar yang saat ini menjadi capres nomor urut 3 di Pilpres 2024, hadir dengan mengenakan pakaian adat Dayak, Kalimantan. Bersama alumni-alumni UGM lainnya, Ganjar nampak santai mengikuti rangkaian acara Nitilaku tersebut.

Ganjar mengatakan dirinya di Nitilaku 2023 ini memakai baju adat Dayak karena beberapa waktu lalu baru saja mengunjungi Kalimantan. Dimana dirinya meninjau langsung progres pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Pakai baju Dayak. Saya punya banyak sekali (pakaian adat). Dipakai satu, karena kemarin pas dari Kalimantan datang ke IKN," ungkap Ganjar.

Terkait peringatan Dies Natalis UGM ke 74, Ganjar berpesan agar UGM beserta alumni-alumninya selalu mengingat sejarah panjang UGM. 

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Ganjar menerangkan, kepada alumni-alumni agar tidak melupakan pesan dari guru-guru mereka saat menimba ilmu di UGM.

"Selalu ingat sejarah. Selalu ingat pesan guru-guru kita. Kita pernah belajar di sini. Yang unik di sini, kampus itu bersatu dengan kampung dan itu dimulai dari Keraton," tegas Ganjar.

"Jadi kita tidak pernah melupakan sejarah. Biar kita menjadi orang yang belajar untuk selalu bijaksana," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Nitilaku UGM adalah salah satu acara di Dies Natalis UGM. Nitilaku sudah sejak 2012 lalu rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Nitilaku dianggap sebagai sebuah kegiatan kultural historis dalam bentuk pawai. Melalui Nitilaku ini, UGM menggambarkan awal mula UGM berawal dari Siti Hinggil, Keraton Yogyakarta yang kemudian berpindah ke Bulaksumur.

Nitilaku tahun 2023 ini mengambil tema Kenduri Kebangsaan Merajut Tenun ke-Indonesia-an. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya