Olly Dondokambey Cerita Hangatnya Sambutan Paus Fransiskus ke Megawati dan Rombongan

Megawati Soekarnoputri dan Rombongan di Vatikan
Sumber :
  • PDIP

Jakarta – Paus Fransiskus, menyambut dengan hangat kehadiran Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, saat melakukan pertemuan dan dialog di Vatikan. Itu dikisahkan Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Olly Dondokambey.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Megawati yang juga Ketum PDIP itu, datang bersama rombongan. Selain Olly Dondokambey, juga hadir Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, dan Ketua DPP PDIP bidang Hukum, Yasonna Laoly.

Pertemuan Megawati dan Paus Fransiskus berlangsung di Istana Apostolik, Vatikan pada Senin waktu setempat, 18 Desember 2023. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Jelas Olly, pertmuan tersebut berlangsung selama 15 menit. Paus persis duduk berhadapan dengan rombongan, kata Olly.

Paus menyampaikan terima kasih karena delegasi Indonesia sudah datang ke Vatikan. Pemimpin umat Katolik Dunia tersebut menyampaikan dalam bahasa Spanyol.

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Untuk penerjemah adalah Anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Takhta Suci Vatikan, Romo Markus Solo Kewuta SVD.

“Komunikasi sangat bagus, kebetulan ada Romo Markus dan Paus Fransiskus mengucapkan terima kasih mendapatkan kunjungan dari delegasi Indonesia ke Vatikan,” ujar Olly usai pertemuan, seperti dalam keterangannya dikutip VIVA, Senin 18 Desember 2023.

“Kelihatan Paus Fransiskus sangat welcome terhadap kehadiran Bu Mega dan rombongan,” sambung Olly.

Politisi yang kini masih menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara, itu mengatakan pihaknya juga kaget dengan komunikasi antara Paus dengan Megawati berjalan dengan lancar. Karena dugaan awal soal faktor usia sehinga berpengaruh pada komunikasi.

Tetapi justru itu terbantahkan, ketika dirinya menyaksikan langsung pembicaraan Paus Fransiskus dan Megawati.

“Saya kira memang komunikasinya Ibu dengan Paus Fransiskus sangat nyambung. Tadi saya pikir karena usia beliau sudah lanjut, Paus komunikasinya tidak nyambung. Tetapi ternyata nyambung, sangat nyambung,” ungkap Olly.

“Apa yang disampaikan oleh Bu Mega dijawab oleh Paus Fransiskus dengan lancar, begitu pula apa yang disampaikan Ibu Mega kepada Paus Fransiskus dijawab dengan sangat lancar,” tambahnya.

Dijelaskannya, bahwa komunikasi Megawati dan Paus adalah soal kondisi dunia yang saat ini terjadi. Karena peperangan di sejumlan wilayah yang membuat krisis global. Belum lagi perubahan iklim.

Dalam pertemuan itu, Megawati juga mendapatkan dua buku karya dari Paus Fransiskus. Yang bukunya juga berbicara soal situasi global dan peperangan, serta perubahan iklim.

“Nah buku itu diberikan langsung oleh Paus Fransiskus. Kebetulan kami berlima diberi dua buku itu,” terangnya.

“Paus Fransiskus juga meminta (pesan) yang ada di buku, diedarkan ke mana-mana, tentang situasi dan kondisi yang ada, dengan apa yang Paus Fransiskus tuliskan,” jelasnya.

Olly juga memuji sosok Paus Fransiskus yang dinilainya sangat bersahaja dan hangat. Terutama saat Megawati dan rombongan untuk berfoto bersama. Sampai Puan Maharani yang juga ikut dalam rombaongan, bisa berswafoto dengan Paus.

“Terakhir Mbak Puan juga minta selfie ke Paus Fransiskus. Paus juga bersedia dan mempersilakan. Beliau malah bilang, ‘oh iya, kalau yang muda-muda biasanya mau selfie’. Kira-kira itu tadi suasana di dalam,” ungkap Olly.

Seperti diketahui, Megawati ke sana sebagai dewan juri Zayed Award bertemu Paus Fransiskus guna berdialog terkait penjurian Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia atau Zayed Award for Human Fraternity 2024.

Megawati menjadi salah satu juri bersama lima tokoh dunia dalam ajang tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya