Presiden Jokowi Tak Hadiri Dies Natalis UGM Usai Dicap Alumnus Paling Memalukan, Istana Buka Suara

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Istimewa/Biro Pers Istana Kepresidenan

VIVA Nasional – Universitas Gadjah Mada baru saja mengadakan Dies Natalis ke-74 pada Selasa lalu. 

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Namun, yang kini menjadi perbincangan adalah, salah satu alumnus terbaik mereka, yaitu Presiden Joko Widodo, tidak hadir di acara tersebut. 

Rektor UGM bahkan secara pribadi telah mengundang Presiden Jokowi

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Aliansi mahasiswa UGM mengkritik Presiden Jokowi

Photo :
  • Twitter @UGMBergerak

Padahal, beberapa alumnus lainnya yang kini punya 'nama' turut hadir, seperti Capres Nomor Ganjar Pranowo, Mensesneg Pratikno dan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Sebenarnya UGM mengundang beliau (Jokowi). Cuma sampai tadi malam beliau masih di Jepang jadi waktunya tidak cukup untuk sampai di Jogja meskipun sebenarnya beliau sangat berkeinginan untuk memberikan pidato langsung ke UGM," kata Sekretaris UGM Andi Sandi saat bertemu dengan wartawan, Rabu, 20 Desember 2023. 

Pihak kampus bahkan juga telah meminta Jokowi untuk memberikan kata sambutan berupa video untuk Dies Natalis kali ini.

Namun, hingga acara selesai, video tersebut tidak diperoleh pihak UGM.

"Sebenarnya video ini sudah lama kita sampaikan ke beliau. Cuma memang yang namanya permintaan tidak semuanya harus dikabulkan," lanjutnya.

"Tapi prinsipnya beliau itu berkeinginan sekali untuk (datang ke acara) ini, cuma ada agenda kenegaraan yang tidak bisa ditinggalkan jadi beliau tidak bisa hadir," sambung Andi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana juga menjelaskan alasan ketidakhadiran Presiden Jokowi di acara Dies Natalis ke-74 UGM di Yogyakarta.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

Photo :
  • BRI

"Mengingat jadwal bapak presiden sangat padat, kunjungan kerja ke daerah dan baru saja kembali ke tanah air dari kunjungan luar negeri dini hari tadi. Mohon dimaklumi, presiden tidak bisa hadir secara fisik maupun daring pada Dies Natalis ke 74 UGM," ujar Ari. 

Banyak yang beranggapan bahwa ketidakhadiran Presiden Jokowi berkaitan dengan kejadian beberapa saat lalu, ketika Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa UGM sempat mengkritik beberapa kebijakan Presiden Jokowi, dan bahkan memberinya gelar alumnus UGM paling memalukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya