Menko Mahfud: RI Tidak Ikut Pembentukan UNHCR Tapi Kok Jadi Pembuangan Pengungsi Rohingya

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI Prof Mahfud Md menyampaikan kuliah umum di Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatra Barat, Senin, 18 Desember 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Zulfikar

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan ada sindikat perdagangan manusia dalam kasus masuknya pengungsi Rohingya ke Indonesia. Mahfud menyebut ini sebagai perdagangan manusia.

Menko Airlangga Minta Inggris Berkeadilan dalam Penerapan Sertifikasi Berkelanjutan Palm Oil

“Dari kasus rohingya ini kita menangkap satu di antara rombongan itu ada sindikat perdagangan orang, sudah ditangkap,” kata Mahfud usai menghadiri peringatan Hari Migran Sedunia di Depok, Rabu 20 Desember 2023.

Masalah pengungsi Rohingya kata dia memang sangat kompleks. Tak hanya soal diplomasi tetapi juga ada kasus sindikat perdagangan manusia.

Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

“Nah, ini juga campur-campur sindikat perdagangan orang, kemanusiaan masalah diplomasi dan sebagainya,” ungkapnya.

Pengungsi Rohingya di Tugu Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh

Photo :
  • VIVA/Dani Randi
Soal Hasil Gugatan Sengketa Pilpres, Mahfud: Dongkol, Tapi Jangan Ribut Lagi

Yang bisa dilakukan Indonesia saat ini adalah menyelamatkan pengungsi Rohingya. Mereka ditampung di penampungan. Ditegaskan mereka hanya sementara saja sifatnya ditampung di Indonesia. Nantinya pemerintah akan menutup agar mereka tidak lagi masuk ke Indonesia karena menjadi beban.

“Sekarang ini kita selamatkan dulu sambil mencari tempat penampungan. Tentu kita tampung sifatnya sementara, untuk pada saatnya nanti kita akan menutup sama sekali karena itu menjadi beban,” ujarnya.

Indonesia mulai kedatangan pengungsi Rohingya sejak tahun 2015. Saat itu dasarnya adalah kemanusiaan dan politik luar negeri. Namun lama-kelamaan jumlahnya semakin banyak dan menimbulkan keresahan bagi warga lokal di sekitar penampungan.

“Orang-orang lokal kemudian merasa cemburu. Loh pak itu kok orang asing disuruh terus ke sini. Kami yang miskin ini tidak diperhatikan, kan kami juga perlu butuh makan. Sehingga mereka sudah mulai menolak dari eksistensi masyarakat lokal,” katanya.

Indonesia sendiri tidak ikut dalam penandatanganan pembentukan UNHCR. Tapi mereka justru berdatangan ke Indonesia dalam jumlah besar.

50 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh

Photo :
  • Antara

“Pengungsi Rohingya itu dulu kita tolong demi kemanusiaan karena politik luar negeri kita, diplomasinya diplomasi kemanusiaan. Jadi dulu pengungsi Rohingya itu datang datang, terus kita tampung. Padahal Indonesia itu tidak ikut menandatangani pembentukan UNHCR, jadi komisi tinggi para pengungsi itu Indonesia tidak ikut tanda tangan, yang ikut tanda tangan itu tetangga-tetangga itu, tapi dibuangnya ke Indonesia terus,” tukasnya.

Saat ini pemerintah daerah yaitu Aceh, Sumatera Utara dan Riau sedang berkordinasi untuk membahas persoalan ini. Pengungsi Rohingya saat ini masih ditempatkan di penampungan.

“Tapi sekarang sudah diselamatkan dulu, di mana penampungannya nunggu Forkopimda mulai dari Aceh Sumatera Utara dan Riau, kita masih mencari tapi selamatlah itu kan kemanusiaan,” pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya