KAI Sediakan Tarif Khusus Nataru Mulai Rp 25 Ribu, Begini Cara Dapatnya

Penumpang naik Kereta Api dari Stasiun Semarang Tawang
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Semarang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan tarif khusus tiket kereta api bagi penumpang yang membeli mulai 2 jam sebelum keberangkatan. Melalui tarif khusus kereta api ini, penumpang bisa mendapatkan harga yang murah karena harganya di bawah harga normal.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan bahwa tarif khusus kereta api ini bisa didapatkan melalui aplikasi Access by KAI dan loket stasiun mulai 2 jam sebelum keberangkatan dan selama tempat duduk masih tersedia.

“Melalui program tarif khusus ini diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan kereta api, khususnya di libur Natal dan Tahun Baru ini,” kata Franoto, Senin, 25 Desember 2023.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Kereta api di wilayah Daop IV Semarang/Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/ Dwi Royanto.

Tarif khusus kereta api ini hanya berlaku untuk perjalanan kereta api dengan rute tertentu. Di wilayah Daop 4 Semarang hanya berlaku di beberapa rute. Yaitu Semarang Tawang - Surabaya Pasarturi, dan Semarang Tawang - Tegal dan sebaliknya.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Kemudian Tegal - Hargeulis, Tegal - Brebes, Semarang Tawang - Madiun, Cepu - Surabaya Pasarturi, Weleri - Semarang Poncol, dan Semarang Poncol - Tegal.

Adapun tarif khusus tersebut untuk kelas eksekutif diberikan mulai dari harga Rp 35.000-290.000, untuk kelas bisnis mulai dari Rp 115.000-210.000 dan kelas ekonomi mulai dari Rp 25.000-155.000.

Franoto menegaskan bahwa tarif khusus ini berbeda dengan tiket go show. Pasalnya, tiket go show tidak menawarkan harga yang lebih murah dari harga normal dan pembeliannya hanya melalui loket stasiun.

“Tiket go show merupakan istilah untuk pembelian tiket kereta api secara langsung di stasiun mulai 3 jam sebelum keberangkatan yang berlaku untuk semua rute. Sedangkan tarif khusus hanya tersedia untuk rute dan kereta api tertentu saja, dan pembeliannya dapat dilakukan mulai 2 jam sebelum keberangkatan via aplikasi Access by KAI atau loket stasiun selama tempat duduk masih tersedia,” jelasnya.

Ilustrasi kereta api melintas.

Photo :
  • KAI

Berikut beberapa KA ekonomi yang melayani tarif khusus di wilayah Daop 4 Semarang.

- KA Cheribon Tegal - Hargeulis Rp 50.000
- KA Cheribon Tegal - Brebes Rp 25.000
- KA Tawang Jaya Tegal - Brebes Rp. 25.000
- KA Kaligung Weleri - Poncol Rp 25.000
- KA Ciremai Tegal - Hargeulis Rp. 50.000
- KA Matarmaja Tawang - Madiun Rp. 90.000
- KA Majapahit Tawang - Madiun (eks) Rp. 90.000

Dan masih banyak lagi yang bisa dicek di KAI Acces

Laporan Teguh Joko Sutrisno/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya