35 Ribu Orang Terdampak Banjir di Bungo Jambi, Bupati Mashuri Siapkan Dapur Umum

Ribuan Rumah Tergenang Banjir, Warga Bungo Dievakuasi ke Pengungsian
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Jambi - Bupati Kabupaten Bungo, Jambi, Mashuri sangat prihatin atas warganya yang terdampak banjir di sejumlah wilayah kecamatan sampai warganya dievakuasi ke tempat aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Bupati Bungo Mashuri mengatakan, banjir yang melanda Kabupaten Bungo akibat hujan deras terus menerus melanda Bungo sehingga air sungai  bungo meluap ke pemukiman rumah warga hingga sampai menggenangi rumah warga.

"Terdampak banjir sekarang sudah ada 18 ribu KK berarti itu sudah lebih dari 35 ribu orang terdampak banjir," jelasnya Minggu, 24 Desember 2023.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Bupati Kabupaten Bungo Mashuri

Photo :
  • Syarifuddin Nasution

Mashuri menyebutkan, upaya yang harus ia lakukan sudah berkordinasi langsung kepada Camat, Kepala Desa, Ketua RT agar mengirim bantuan perahu karet untuk evakuasi warga, walaupun pihaknya masih kekurangan perahu karet.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Saya sudah perintahkan mulai camat, kepala desa hingga ketua RT agar membantu evakuasi warga terdampak banjir," tegasnya.

Tidak sampai di situ, ia juga sudah berkordinasi kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan Polres Bungo agar kekuatan kekuatan yang ada membantu kita untuk mengevakuasi warga dan langsung dibawa ke tempat pengungsian yang telah disiapkan.

"Terutama warga-warga yang rumahnya tergenang banjir dan warganya masih ada harus dievakuasi," ujarnya.

Begitu juga BPBD sudah diperintahkan untuk menyurati Pemerintah Provinsi Jambi agar minta kekurangan tenda, serta, perahu untuk evakuasi warga.

Ribuan Rumah Tergenang Banjir, Warga Bungo Dievakuasi ke Pengungsian

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Sementara itu, atas dampak banjir besar terjadi di sejumlah Kecamatan Kabupaten Bungo, ia sangat prihatin karena banjir besar sampai menggenangi rumah warga sangat luas dan demi warganya tidak terbengkalai di pengungsian, ia siapkan dapur umum serta makanan siap saji.

"Kita siapkan itu dan kawan- kawan yang bekerja evakuasi warga tetap semangat  dan Pemerintah Kabupaten Bungo sudah siapkan beras juga buat warga yang terdampak banjir," katanya.

"Kita akan kirim tenda dan perahu karet ke tempat terdampak banjir," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya