Fakta-fakta Penembakan Relawan Prabowo di Sampang, Terkait Pemilu?

Ilustrasi tembakan.
Sumber :
  • Antara Photo.

Jakarta – Seorang warga berinisial MR asal Desa Banyuates Kabupaten Sampang, Madura ditembak oleh orang tak dikenal (OTK). Peristiwa tersebut terjadi di tepi jalan tepat di depan sebuah toko Mandeman Daya Banyuates Kabupaten Sampang.

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Korban diketahui merupakan relawan dari pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hal ini menimbulkan kecurigaan penembakan tersebut berkaitan dengan pemilu 2024.

Ilustrasi aksi penembakan.

Photo :
  • ANTARA/Andika Wahyu
Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Sejumlah informasi telah dirangkum dari berbagai sumber. Berikut sejumlah fakta mengenai peristiwa penembakan tersebut:

1. Pelaku berjumlah 2 orang

Gubernur BI Ungkap Tujuan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-2030

Berdasarkan keterangan dari saksi mata saat kejadian, penembakan dilakukan oleh dua orang yang berboncengan dalam satu sepeda motor. Saat kejadian, salah satu pelaku turun dari sepeda motor langsung menembak korban tanpa basa-basi.

Korban yang langsung roboh usai ditembak pelaku. Kemudian pelaku langsung melarikan diri.

2. Lokasi Penembakam Tak Jauh dari Rumah Korban

Saat kejadian, korban sedang nongkrong dengan sejumlah orang lainnya di sebuah toko yang berada di tepi jalan. Toko tersebut diketahui tak jauh dari rumah korban.

Setelah mengalami penembakan, korban langsung dilarikan ke salah satu rumah sakit di Bangkalan.

3. Korban Ditembak Dua Kali dari Arah Belakang

Pelaku datang secara tiba-tiba ke toko yang sedang didatangi korban. Tanpa mengeluarkan sepatah kata, pelaku langsung menembak korban dari arah belakang.

Pelaku melepaskan dua tembakan ke arah korban. Warga yang ada di sekitar lokasi kejadian tak dapat berbuat banyak karena takut pelaku membawa senjata api.

4. Kondisi Korban Stabil

Usai dua kali ditembak oleh OTK dari arah belakang, korban langsung roboh. Kemudian korban dibawa ke rumah sakit Syarifah Ambami Rato Ebuh kabupaten Bangkalan. 

Berdasarkan dokter jaga Unit Gawat Darurat RSUD Syarifah Ambami rato Ebuh Bangkalan, Dokter Cahyani, korban dalam kondisi yang stabil. Namun korban kemungkinan mengalami trauma akibat dari kejadian penembakan tersebut dan bakal dirujuk ke RS di Surabaya.

5. Polda Jatim Bentuk Tim Khusus Selidiki peristiwa Penembakan

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur membentuk Tim khusus (timsus) menyelidiki kasus penembakan oleh orang tak dikenal (OTK) yang menimpa MR, relawan Prabowo-Gibran di Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. Tim khusus ini dibentuk agar penanganan kasus tersebut lebih cepat dan terang-benderang. 

Pengumpulan petunjuk dilakukan di tempat kejadian perkara (TKP) dan sejumlah saksi dimintai keterangan. "Polda Jatim memback up kasus tersebut," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto dihubungi VIVA pada Senin, 25 Desember 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya