Begini Strategi Kapolri Jaga Pasar Domestik dan Perkuat UMKM Sepanjang 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan perhatian khusus terhadap importasi ilegal guna menjaga stabilitas pasar domestik.

Turki Hentikan Perdagangan dengan Israel Buntut Pengiriman Bantuan ke Gaza Terhambat

Hal itu disampaikan Kapolri Sigit dalam kegiatan Rilis Akhir Tahun 2023 di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan pada Rabu, 27 Desember 2023.

Pada sektor hulu, kata Sigit, Polri memperkuat pengawasan di perbatasan darat, laut, jalur-jalur tikus dengan mengedepankan peran Polseksubsektor di perbatasan, mengoptimalkan patroli peralihan untuk perbatasan laut.

AKBP Syukur: Situasi Paniai Kondusif Usai Ada Serangan dari OPM

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri

“Di hilir, kami meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak memperjualbelikan produk impor legal, bersama dengan kementerian lain serta stakeholder yang ada,” kata Sigit.

OJK Rilis POJK Atur Penyelesaian Transaksi Efek dan Short Selling hingga Ketentuan Sanksi

Selain itu, Sigit mengatakan Polri bersama stakeholder lainnya juga melakukan kegiatan razia barang-barang impor di pasaran. Menurut dia, hal ini dilakukan untuk memberangus barang-barang impor ilegal.

“Kami juga aktif melakukan razia barang impor di pasaran. Hal ini harus dilakukan terhadap impor ilegal. Apabila upaya pencegah tidak diindahkan, maka terdapat unsur mainsrea yang mau tidak mau harus kita lakukan penegakan hukum. Kami telah mengungkap 21 perkara dan memusnahkan barang bukti senilai Rp 68 miliar berupa pakaian bekas sejumlah 13.374 ballpres,” ungkapnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri

Untuk menjaga pasar domestik, Sigit menyebut Polri juga tentunya ikut serta memperkuat UMKM. Jika ditemukan pelanggaran administrasi ataupun pelanggaran ringan oleh pelaku UMKM, Polri berikan edukasi ataupun pendampingan.

“Sehingga, bisnis pelaku UMKM dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya