Ratusan Rumah di Rokan Hulu Riau Terendam Banjir, Petugas Evakuasi Lansia Terjebak di Rumah

Aparat kepolisian saat mengevakuasi seorang lansia dari banjir di Rokan Hulu, Riau.
Sumber :
  • ANTARA

Pekanbaru - Sebanyak 320 rumah beserta dua fasilitas umum pada tiga desa di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, terendam banjir dan sejumlah warga dievakuasi oleh kepolisian menuju tempat yang aman.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Kepala Kepolisian Resor Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono turut mengevakuasi dua warga lanjut usia (lansia) yakni Sahar (93 tahun) dan Yuslaini (63 tahun). Keduanya merupakan warga dari Desa Babussalam.

"Ada tiga desa yang terendam banjir, yakni Desa Babussalam, Kelurahan Pasirpengaraian, serta Desa Pematang Barangan. Dua lansia kami evakuasi dari rumah yang terendam banjir," kata Budi Setiyono di Pekanbaru, Rabu.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Ilustrasi banjir

Photo :
  • dok BNPB

Budi menyampaikan dua orang warga tersebut terjebak banjir di dalam rumahnya, Selasa sore (26/12). Pihaknya mengevakuasi menggunakan perahu karet ke TK Babussalam yang aman dari banjir.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Ia menjelaskan banjir tersebut terjadi akibat luapan air Sungai Batang Lubuh, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu. Ketinggian air di Desa Babussalam, lanjutnya, mencapai 80 sentimeter dan merendam 140 rumah.

Kemudian di Kelurahan Pasir Pengaraian ketinggian air mencapai 70 sentimeter dan merendam 110 rumah. Sedangkan di Desa Pematang Berangan ketinggian air mencapai 90 sentimeter yang berdampak terhadap 70 rumah terendam air.

Budi menegaskan tidak ada korban jiwa dalam bencana alam itu. Namun, petugas meminta warga untuk selalu waspada. Personel kepolisian  juga siaga di lokasi untuk menjaga warga.

Ilustrasi mobil menerjang banjir

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

Tak sedikit anak-anak dan orang dewasa yang bermain air di lokasi banjir yang bisa membahayakan, kata dia, sehingga polisi meminta anak-anak untuk meninggalkan lokasi dan berhati-hati apabila air sungai kembali naik. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya