BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Cerah Berawan

prakiraan cuaca di Indonesia. (Ilustrasi)
Sumber :
  • BMKG

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian kota-kota besar Indonesia cerah berawan pada Selasa 2 Januari 2024.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Mengutip dari situs resmi BMKG di Jakarta, wilayah yang diprakirakan cerah berawan yakni Banda Aceh, Bengkulu, Bandung, Semarang, Medan, Denpasar, Gorontalo, Banjarmasin, Samarinda, Tanjung Selor, Mataram, Kupang, Makassar, Palu, dan Sofifi.

Sedangkan wilayah Serang, Jakarta, Tanjung Pinang, dan Ambon, diprediksi berawan tebal. Wilayah Jambi diprakirakan berkabut pada pagi hari ini, dan diprediksi akan diguyur hujan dari siang hingga malam hari nanti.

Cuaca cerah berawan pagi hari di Jakarta. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVAnews/Ezra Natalyn Sihite
Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Kota Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Pangkal Pinang, Lampung, Pekanbaru, Padang, Palembang, Mamuju, Kendari, Manado, Jayapura, dan Manokwari diprediksi berawan. Kota Palangkaraya diprediksi akan mengalami hujan ringan hari ini.

BMKG juga memperingatkan potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir yang dapat terjadi di seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Sebelumnya Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya telah merilis Climate Outlook 2024 yang dapat digunakan oleh kementerian atau lembaga, pemerintah daerah (pemda) dan semua pihak terkait.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Dwikorita mengatakan Climate Outlook 2024 bisa menjadi salah satu panduan untuk perencanaan dan kegiatan pembangunan pada sektor yang terkait atau terdampak oleh fenomena iklim.

Ia juga menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2024 gangguan iklim dari Samudra Pasifik yaitu ENSO (El Nino-Southern Oscillation) diprakirakan akan berada pada fase El Nino Lemah-Moderat pada awal tahun 2024, kemudian selanjutnya hingga akhir tahun 2024 diprediksi berada pada fase Netral. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya