Jenazah Rizal Ramli Dimakamkan di TPU Jeruk Purut Besok Selepas Zuhur

Pelayat membacakan doa di depan jenazah ekonom senior Rizal Ramli
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Jenazah mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Ramli rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jakarta, pada Kamis, 4 Januari 2024.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Besok dimakamkan di TPU Jeruk Purut, bersama dengan almarhumah istri beliau," kata tim komunikasi sekaligus perwakilan keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna, saat ditemui di rumah duka Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu, 3 Januari 2023.

Dalam papan informasi yang ditulis di pintu masuk rumah duka juga disebutkan informasi serupa bahwa almarhum rencananya akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, besok, setelah salat Zuhur.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Karena masih menunggu kedatangan putri beliau yang baru berangkat dari Amerika," ujar Yosef.

Suasana rumah duka mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli di Mampang

Photo :
  • Ist
Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Sebelumnya, Ekonom senior yang juga mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, dikabarkan meninggal dunia hari ini, Selasa, 2 Januari 2024, di usianya yang ke-69 tahun.

Rizal meninggal dunia dalam perawatan medis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Kabar duka itu pun disampaikan oleh pihak keluarga Rizal Ramli, dalam pesan WhatsApp yang telah beredar sebelumnya.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," sebagaimana isi pesan tersebut dikutip VIVA , Selasa, 2 Januari 2024.

"Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," tulis pesan tersebut.

Sebagai informasi, Rizal Ramli merupakan pria kelahiran di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Desember 1954. Dia dikenal sebagai aktivis sejak mahasiswa, dan sangat kritis terhadap jalannya kebijakan pemerintah.

Di era Presiden Joko Widodo, Rizal pernah dipercaya menjadi Menko Maritim pada periode 2015-2016.

Jenazah Rizal Ramli tiba di rumah duka pada Rabu dini hari, pukul 00.52 WIB, dengan menggunakan mobil ambulans dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Sementara itu, suasana di sekitar rumah duka masih dipenuhi para pelayat dan pihak keluarga. Puluhan karangan bunga dari tokoh publik maupun tokoh politik juga berjejer di sekitar rumah duka.

Karangan bunga tersebut di antaranya dari Presiden RI Joko Widodo, Presiden ke-5 RI Susilo Bambang Yudhoyono, dan calon presiden Anies Baswedan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya