Umat Islam di Bali Desak Polisi Proses Hukum Kasus Dugaan Rasis Arya Wedakarna

Umat Islam Bali menggelar aksi damai terkait ucapan senator Bali Arya Wedakarna
Sumber :
  • Maha Liarosh (Bali)

Bali – Ucapan Senator Bali Arya Wedakarna saat rapat dengar pendapat bersama jajaran bea cukai dan bandara Ngurah Rai pada 29 Desember 2023 memicu aksi umat Islam.

Terima Maaf Pendeta Gilbert, MUI: Dia Tidak Ada Niat Menghina Islam

Sekitar 200 massa elemen muslim di Bali menggelar aksi di depan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI Provinsi Bali.  Aksi damai itu dilakukan buntut dari pernyataan anggota DPD RI Arya Wedakarna yang dinilai rasis terkait hijab dan menyinggung umat muslim.

20 perwakilan massa ditemui oleh Kepala Kantor DPD RI Provinsi Bali I Putu Rio Rahdiana. Pertemuan berlangsung selama sekitar 60 menit dengan pembacaan dua tuntutan.

Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Ramadan 1 Kali Lebaran dalam Setahun

Umat Islam Bali menggelar aksi damai terkait ucapan senator Bali Arya Wedakarna

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

Khairul Mahfuz perwakilan ICMI Korwil Bali sebagai juru bicara massa menyampaikan, pihaknya mendesak untuk mengusut tuntas dugaan tindak pidana penistaan agama dan pelanggaran kode etik oleh oknum anggota DPD RI Dapil Bali.

Setelah Viral, Pemilik Retail yang Jual Kaos Kaki Berlafaz Allah Minta Maaf ke Raja Malaysia

"Tuntutan kami ada dua, mendesak kepolisian RI untuk menegakkan dan memproses hukum oknum anggota DPD RI Arya Wedakarna. Hari ini kami datang dengan 200 orang, tapi kalau ini tidak dijalankan kami bisa datang dengan lebih banyak lagi," kata Khairul, Kamis, 4 Januari 2024.

Massa juga memberikan pernyataan sikap menjunjung tinggi harmonisasi dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Pihaknya juga mengimbau agar menjaga kerukunan umat beragama dan tidak jadi provokator pemecah belah bangsa.

Umat muslim Bali menggelar aksi damai terkait ucapan senator Bali Arya Wedakarna

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

"Kami berharap ini betul-betul diproses untuk memenuhi rasa keadilan, agar tidak ada lagi Arya Wedakarna berikutnya," jelas Khairul.

Sementara, Kepala Kantor DPD RI Provinsi Bali I Putu Rio Rahdiana mengatakan, akan membawa aspirasi yang disampaikan ke DPD di Jakarta. Menurut Rio, keputusan yang keluar dari DPD harus melalui mekanisme sidang paripurna sebagai keputusan kolektif kolegial.

Umat Islam Bali menggelar aksi damai terkait ucapan senator Bali Arya Wedakarna

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

"Jadi kalau ada keputusan, ada statement, yang keluar dari salah satu anggota tidak melalui sidang paripurna, itu adalah bersifat keputusan pribadi," jelas Rio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya