Terpopuler: Tabrakan Maut Kereta di Cicalengka, Anies Baswedan Dapat Lonjakan Dukungan

Evakuasi Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Jawa Barat
Sumber :
  • (Foto AP/Abdan Syakura)

Jakarta - Masyarakat dikejutkan dengan peristiwa kecelakaan maut pada Jumat pagi, 5 Januari 2024. Dua kereta bertabrakan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dan menewaskan empat orang yang semuanya awak atau kru kereta termasuk sang masinis.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Tabrakan antara Kereta Api Turangga dan kereta Commuter Line Bandung Raya itu terjadi di jalur tunggal antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung. Kepala atau lokomotif kedua kereta beradu di jalur rel yang sama sehingga remuk dan bahkan salah satu di antaranya terangkat.

Peristiwa langka dua kereta beradu banteng itu memantik beragam spekulasi. Sebagian kalangan menduga ada kesalahpahaman dalam pengaturan lalu lintas kereta. Sebagian yang lain mengira ada masalah teknis yang mengganggu pengaturan lalu lintas kereta.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Evakuasi Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Jawa Barat

Photo :
  • (Foto AP/Abdan Syakura)

Berita-berita tentang kecelakaan yang mengenaskan itu mendapatkan perhatian publik nasional dan beberapa artikel di antaranya menjadi terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin. Sebab publik penasaran bagaimana ceritanya dua kereta bertabrakan.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Selain informasi tentang tabrakan kereta, ada empat artikel terpopuler lainnya, di antaranya ulasan tentang negara-negara dengan militer terkuat, atlet karate menyentil balik Megawati Soekarnoputri, respons Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas tabrakan kereta, lembaga survei berbasis Australia merilis hasil riset mereka tentang lonjakan dukungan terhadap Anies Baswedan.

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel-artikel berikut ini.

1. Indonesia dalam daftar 20 besar militer terkuat di dunia

Ilustrasi-Parade pasukan dan Alutsista di HUT TNI ke 69

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Setiap negara memiliki kekuatan militer yang berbeda-beda. Keberadaannya tidak lain adalah untuk melindungi keutuhan wilayah dari segala ancaman baik dari dalam maupun luar negeri. Negara yang memiliki sistem pertahanan militer yang kuat dapat menjaga stabilitas dan keamanan serta meningkatkan posisinya di dunia internasional. Negara mana sajakah yang memiliki militer terkuat saat ini? Baca selengkapnya di sini.

2. Profil atlet karate yang sentil balik Megawati

Andi Jerni, Gen-Z Juara Karate

Photo :
  • Instagram.com

Baru-baru ini sosok Andi Jerni viral di media sosial karena keberaniannya menyentil sindiran mantan presiden Megawati Soekarno Putri soal sumbangsih generasi milenial terhadap negara. Pernyataan tersebut diungkapkan pada 2020 dan viral kembali hingga menuai sorotan. Pernyataan Megawati soal anak muda yang belum memiliki banyak sumbangsih akhirnya menuai banyak reaksi warganet. Baca selengkapnya di sini.

3. Wapres sebut tabrakan kereta di Cicalengka "betul-betul fatal"

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan keterangan usai makan siang bersama dengan wartawan Istana Wakil Presiden, di kompleks Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2024.

Photo :
  • ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyayangkan kecelakaan yang melibatkan Kereta Api (KA) Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat pagi 5 Januari 2024, dan mengakibatkan empat orang tewas. Dia menyebut kecelakaan itu seharusnya tak terjadi dan mengimbau agar seluruh terutama KAI harus lebih teliti lagi dalam masalah teknis dan pengaturan rangkaian kereta. Baca selengkapnya di sini.

4. Sosok masinis yang tewas dalam tabrakan kereta

Masinis KA Bandung

Photo :
  • Instagram.com

Kecelakaan kereta api di wilayah Cicalengka pada Jumat pagi, 5 Januari 2024 menewaskan tiga orang dua di antaranya masinis dan pramugara. Dua kereta api yang bertubrukan itu yaitu kereta api Turangga dari arah Surabaya Gubeng tujuan akhir Stasiun Bandung dengan kereta api lokal Commuter Line arah Padalarang tujuan akhir Stasiun Cicalengka. Baca selengkapnya di sini.

5. Lembaga survei Australia sebut Anies dapat lonjakan dukungan

Lautan manusia menyambut Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Makassar.

Photo :
  • Akun X Anies Baswedan

Lembaga Utting Research yang berbasis di Australia merilis hasil risetnya bahwa calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menerima lonjakan dukungan pemilih usai debat yang digelar KPU. Pascadebat presiden tahap pertama, kata dia, lonjakan dukungan pemilih yang mencolok untuk kandidat presiden Anies Baswedan. Lonjakan dukungan itu merupakan dorongan signifikan yang menempatkan Anies sebagai kontestan kuat dalam kompetisi pemilu presiden. Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya