Tiga Capres Diundang KPK Pekan Depan, Ali Fikri: Bahas Komitmen Pemberantasan Korupsi

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencananya bakal menghadirkan tiga calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam pembahasan soal kegiatan bertajuk Paku Integritas atau penguatan dalam berintegritas.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Ketiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan diminta untuk menjelaskan apa komitmen mereka dalam mencegah hingga memberantas tindak pidana korupsi.

"Nanti paslon dari capres maupun cawapres diundang oleh KPK untuk hadir di gedung Merah Putih KPK, dalam rangka untuk program penguatan antikorupsi bagi penyelenggara negara atau yang biasa kita sebut dengan paku integritas yang merupakan program KPK di kedeputian pendidikan dan peran serta masyarakat dan ini program sejak tahun 2021 untuk membangun komitmen seluruh penyelenggara negara tentunya," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, di gedung Merah Putih KPK, Selasa, 9 Januari 2024.

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Ali Fikri menjelaskan bahwa nanti ketiga capres itu hanya menyampaikan komitmennya dalam memberantas korupsi, bukan berdebat adu gagasan.

Juru bicara KPK Ali Fikri

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Nanti masing-masing pasangan calon presiden maupun wakil presiden menyampaikan komitmennya terkait dengan pemberantasan korupsi dan diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas tentunya dalam rangka pemberantasan korupsi," kata Ali.

Juru bicara berlatar belakang jaksa ini menjelaskan, nantinya juga akan turut hadir dari pihak KPU dan Bawaslu. Sebab, mereka semua akan memantau tiga capres tersebut.

"Dan hadir juga tentunya nanti dari KPU, dari Bawaslu juga hadir kan karena dalam mengawal proses demokrasi sebagaimana teman-teman ketahui KPK juga memiliki agenda tentang hajar serangan fajar untuk mengawal proses demokrasi yang sedang berlangsung, baik pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif," tutur Ali.

Tiga capres itu diundang KPK pada Rabu, 17 Januari 2024 pekan depan. Tiga capres itu yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Paku Integritas merupakan program KPK sejak 2021 melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat guna menguatkan komitmen anti korupsi para penyelenggara negara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya