Prabowo Tunjuk Unhan Bangun Rumah Panggung dan Apung Buat Warga Pesisir Pantai

Prabowo Subianto
Sumber :
  • dok. Istimewa

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengatakan pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang harus diutamakan.

Siap Dukung Program Prabowo-Gibran, Partai Buruh Pertimbangkan Deklarasi Resmi

Maka dari itu, Prabowo menunjuk Universitas Pertahanan (Unhan) untuk melaksanakan pilot project, dengan membangun permukiman untuk warga yang tinggal di pesisir pantai. 

Hal itu dikatakan Prabowo dalam acara Seminar Nasional bertajuk 'Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut' di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Januari 2024.

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

"Saya tugaskan Universitas Pertahanan untuk .melakukan pilot project, membuat permukiman murah di kawasan terendam air," kata Prabowo.

Prabowo Subianto

Photo :
  • dok. Istimewa
Gerindra Sebut Daftar Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Terungkap Mendekati Oktober 2024

Prabowo mengatakan, ada dua pola rumah yang akan dibangun, pertama rumah di atas panggung. Rencananya, rumah panggung ini akan dibangun setinggi 5 meter di atas permukaan air laut.  

"Yang kedua, polanya adalah rumah terapung, rumah murah terapung. Kita sudah menemukan prototype dibantu PT PAL yang ahli kapal dan PT LEN dengan para engineer dari Universitas Pertahanan," ucapnya.

Mantan Danjen Kopassus itu menyatakan rumah murah terapung yang akan dibangun itu senilai Rp130 juta. Nantinya, ada berbagai fasilitas dalam rumah itu di antaranya, solar tunnel hingga septic tank. 

"Sehingga dia bisa hidup tanpa tergantung PLN dan dia bisa hidup dengan sanitasi yang bersih, dengan bio teknologi yang modern, mikroba dan sebagainya," ujar Prabowo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya