Demi Raih Banyak Suara, Caleg di Bondowoso Rela Jual Ginjalnya untuk Keperluan Kampanye

(ILUSTRASI) Atribut Caleg dan Partai di Masa Tenang Pemilu
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA Trending – Warna-warni menyambut pesta demokrasi 2024 viral di media sosial. Seperti yang terbaru, aksi nekat seorang pria yang merupakan calon legislatif demi melancarkan visi dan misinya meraih banyak suara rela melakukan hal di luar nalar.

Tidak Hadir, MK Sebut Caleg Gerindra dan Nasdem Tidak Serius: Dianggap Tidak Dilanjut Lagi

Diketahui dari unggahan Instagram @mood.jakarta, terdapat kisah nekat seorang caleg asal Bondowoso yang rela menjual ginjalnya sendiri demi bisa membuat kampanye terbaiknya. Pria tersebut merupakan caleg asal warga Desa Bataan Kecamatan Tenggarang Bondowoso.

Caleg tersebut diketahui bernama Erfin Dewi Sudanto. Demi membiayai keperluan kampanyenya sebagai seorang calon wakil rakyat di Pemilihan Umum pada Februari 2024 mendatang, ia rela menjual ginjalnya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran
Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Tidak main-main, keseriusan itu ditunjukkannya melalui sebuah surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani bahwa dirinya siap menjual ginjalnya sendiri. Diketahui bahwa pria kelahiran 23 Juni 1976 ini maju sebagai caleg dari Partai PAN dengan Nomor urut 9 Daerah Pemilihan 1.

Menurut Erfin Dewi Sudanto ia rela melakukan hal tersebut karena butuh biaya yang besar untuk proses kampanye. Seperti diketahui untuk sebagai seorang calon legislatif, tentu saja biaya kampanye sangatlah mahal.

Hal tersebut dilakukan agar dirinya bisa mendapatkan suara rakyat lebih banyak dengan kampanye yang menarik simpatisan. Namun karena tak memiliki uang yang cukup untuk membiayai keperluannya dalam berkampanye ke masyarakat, jual ginjal menjadi solusi yang dipilih Erfin.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video viral tersebut langsung menuai banyak reaksi warganet di media sosial. Tak sedikit yang tercengang melihat alasan pria tersebut yang rela menjual ginjalnya.

"Serius nanya gaji caleg brp? kok sampe segitunya," tulis warganet.

"Kalau menang kan bisa beli puluhan ginjal lagi.. Ini semua tentang genset," kata lainnya.

"Terus klo gk jadi??? jual satu nya x yaa," timpal lainnya.

"Serius nanya kalo ginjal diijual apakah orang tersebut akan mati atau gimana yaa," kata lainnya.

"Mau tanya, ginjal harganya brp yaaa?" timpal lainnya.

"Kalo kalah jangan Bundir yah pak," tulis pengguna lainnya.

"Keren patut di contoh biar org2 pada nyaleg," kata lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya