Relawan Prabowo Salurkan Bantuan 50 Ton Pupuk Murah di Dua Kecamatan Kabupaten Madiun

Relawan Prabowo Salurkan Bantuan 50 Ton Pupuk Murah di Dua Kecamatan Kabupaten
Sumber :
  • Istimewa

Madiun – Relawan Prabowo Peduli Tani (RPPP) menjual pupuk murah kepada para petani di dua kecamatan Madiun, Jawa Timur untuk jenis pupuk Za Petrokimia guna meringankan beban petani dan membantu para petani yang kesulitan mencari pupuk bersubsidi. 

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Melihat penderitaan petani yang mendalam di wilayah Madiun, lantaran hujan yang masih jarang turun dan sulitnya mencari pupuk bersubsidi pada saat musim tanam saat ini, Relawan Prabowo Peduli Petani (RPPP) menjual pupuk murah kepada para petani untuk jenis pupuk Za Petrokimia, Kamis, 18 Januari 2024.

"Petani di Jatim ini benar-benar nangis. Bagaimana tidak? Hujan masih jarang turun, terpaksa mereka menggunakan diesel atau sibel untuk peroleh air, padahal mencari solar tidak mudah, juga listrik untuk sibel tokennya mahal,” ungkap Nanik S Deyang Ketua Dewan Pembina RPPP.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Relawan Prabowo Salurkan Bantuan 50 Ton Pupuk Murah di Dua Kecamatan Kabupaten

Photo :
  • Istimewa

Di sisi lain, Nanik juga mengungkapkan sulitnya mencari pupuk subsidi yang bahkan tidak ada lagi, untuk itulah Relawan Prabowo Peduli Tani mencoba meringankan petani dengan menjual pupuk murah kepada petani.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Lebih lanjut, dikatakan Nanik, pupuk Za yang dijual lebih murah dari harga pasaran ini bukan pupuk subsidi pemerintah. Akan tetapi, pupuk yang selama ini dijual bebas namun harganya lebih mahal dari pupuk subsidi.

“Jadi, Relawan urunan untuk men-subsidi pupuk untuk petani," jelas Nanik.

Dua kecamatan itu diantaranya Kecamatan Balerejo dan Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun yang memperoleh bantuan pupuk murah dari Relawan Prabowo.

Masing-masing kecamatan itu disalurkan sebanyak 25 ton pupuk ZA, dengan satu petani maksimal diperbolehkan membeli sebanyak 100 kilogram atau dua karung (sak).

Diketahui, kini harga pupuk di pasaran sebesar 220.000-225.000/50 Kg karung. Sementara, Relawan Prabowo menjual hanya 185.000/50Kg karung.

“Kalau langka harga pupuk ini bisa sampai 240 ribu per karung isi 50 Kg. Kami mencari ke distributor utama dari berbagai daerah, karena pupuk ini meski nggak di subsidi pemerintah sering langka di pasaran," tutur Nanik.

Relawan Prabowo Salurkan Bantuan 50 Ton Pupuk Murah di Dua Kecamatan Kabupaten

Photo :
  • Istimewa

Nanik menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh Relawan Prabowo ini hanya meneruskan program Pak Prabowo yang sudah ada sejak sebelum Prabowo mencalonkan diri sebagai Presiden.

“Sejak dua tahun lalu, meski belum nyapres, Pak Prabowo itu kerap mensubsidi secara pribadi pupuk untuk petani di berbagai wilayah, jadi kami meneruskan saja program beliau, semoga setelah menjadi Presiden, beliau benar-benar bisa memberikan pupuk murah pada petani dengan adil," kata Nanik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya