Terpopuler: Pernyataan Lengkap Tom Lembong, Beda Cak Imin dan Mahfud Respons Gibran

Juru Bicara Anies Baswedan, Thomas Lembong
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Dalam debat keempat Pilpres 2024 yang digelar KPU RI pada Minggu malam, 21 Januari 2024, Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka menyinggung mengenai Lithium Ferro Phosphate (LFP) dan menyeret nama co captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Cak Imin, Thomas Lembong. Menurut Gibran, Tom Lembong kerap kali menggaungkan LFP sebagai alternatif pengganti nikel.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Saat menjadi narasumber di salah satu acara podcast, Tom Lembong mengungkapkan alasan mengapa dirinya kerap kali membahas LFP. Menurutnya kebijakan ekplorasi nikel besar-besaran di Indonesia saat ini sangat mengkhawatirkan.

Thomas Lembong atau Tom Lembong

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Pernyataan lengkap Tom Lembong mengenai LFP itu, mendapat banyak sorotan masyarakat. Berita yang mengulas pernyataan lengkap Tom Lembong itu juga turut menjadi berita terpopuler di Kanal News VIVA sepanjang Senin 22 Januari 2024.

Selain mengenai pernyataan lengkap Tom Lembong terkait LFP, berita lainnya yang juga masuk dalam kategori terpopuler di Kanal News VIVA adalah mengenai Israel yang digugat ke Mahkamah Internasional oleh beeberapa negara. Terbaru, Meksiko dan Chile ikut menggugat Israel ke Mahkamah Internasional.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Berita lainnya yang tak kalah menarik adalah mengenai respons Mahfud MD dan Cak Imin dalam debat Keempat Pilpres 2024. Cak Imin dan Mahfud MD memiliki cara tersendiri menghadapi taktik Gibran yang kerap menggunakan singkatan atau istilah yang tidak umum dalam debat.

Sejumlah berita terpopuler tersebut telah dirangkum dalam Round Up, berikut daftarnya:

1. Pernyataan Lengkap Thomas Lembong soal LFP yang Buat Gibran Tanya Apakah Cak Imin Anti Nikel

Juru Bicara Anies Baswedan, Thomas Lembong

Photo :
  • Istimewa

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyinggung, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang tidak paham mengenai Lithium Ferro Phosphate (LFP).  Hal itu pula yang membuat Gibran bertanya kepada Cak Imin apakah dirinya anti nikel. 

Pertanyaan itu dilontarkan Gibran kepada Cak imin dalam debat pilpres keempat yang dilakukan oleh para Cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. Saat melontarkan pertanyaan, Gibran pun bingung mengapa Cak Imin tidak paham soal LFP. Padahal menurut Gibran, co captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Cak Imin, Thomas Lembong kerap kali bicara mengenai LFP yang menjadi subsitusi bahan baku Baterai kendaraan listrik pengganti Nikel. Selengkapnya baca di sini.

2. Bertambah, Tak Disangka Negara Ini Seret Juga Israel ke Mahkamah Internasional

Para Hakim Mahkamah Internasional

Photo :
  • Middle East Monitor

Negara yang menyeret Israel ke Mahkamah Internasional terus bertambah. Kini giliran Meksiko dan Chile mendesak Mahkamah Pidana Internasional atau ICC untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang dalam perang antara Israel dan Hamas. Dilansir dari Al Arabiya, Senin, 22 Januari 2024, kedua negara menyatakan "kekhawatiran yang semakin besar" atas eskalasi tindak kekerasan selama berbulan-bulan perang itu berkecamuk.

Desakan itu diberikan oleh kedua negara tersebut dalam surat rujukan mereka kepada ICC pada Kamis pekan lalu waktu setempat. Dalam suratnya kepada ICC, Kementerian Luar Negeri Meksiko berpendapat bahwa ICC menjadi forum yang tepat untuk menetapkan potensi tanggung jawab pidana dalam perang tersebut. Selengkapnya baca di sini.

3. Beda Mahfud dan Cak Imin saat Respons Jurus Andalan Gibran di Debat 

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka kembali menggunakan jurus andalannya saat sesi tanya jawab paslon dalam debat kedua cawapres atau debat keempat Pilpres 2024. 

Gibran lagi-lagi melontarkan pertanyaan yang terkait dengan istilah yang tidak umum dan singkatan ke lawan debatnya. Padahal, KPU telah mengingatkan kepada paslon apabila menggunakan istilah atau singkatan agar menjelaskan maksud dari pertanyaan tersebut agar dimengerti oleh paslon lainnya. Seperti saat bertanya kepada cawapres 03 Mahfud MD, putra sulung Jokowi itu bertanya terkait 'Bagaimana cara mengatasi greenflation?. Selengkapnya baca di sini.

4. Usai Debat Cawapres, Gibran Paling Populer di Hampir Semua Lini Digital

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pengamat media baru Prabu Revolusi membeberkan fakta berupa data percakapan di media digital seputar debat cawapres yang dilaksanakan KPU RI di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. Dalam data internalnya, Prabu menunjukkan bahwa cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendominasi percakapan di media sosial maupun pemberitaan digital, mengalahkan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. 

Prabu mengatakan datatersebut dikumpulkan pada saat pelaksanaan debat berlangsung sejak pukul 18.00 WIB-22.10 WIB sebagai bagian mitigasi untuk menghindari munculnya bot-bot di media sosial. Selengkapnya baca di sini.

5.  Disebut Gibran Lakukan Kebohongan Publik Tesla Tak Pakai Nikel, Ini Kata Tom Lembong

Co Captain Thomas Lembong atau Tom Lembong di Podcast Total Politik

Photo :
  • Youtube Total Politik

Co Captain Timnas Anies-Muhaimin (Amin), Thomas Lembong atau Tom Lembong menjawab tudingan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka yang menyebut klaim mobil Tesla tidak menggunakan nikel adalah kebohongan publik.

Gibran sebelumnya mengutip pernyataan Tom Lembong dalam sebuah podcast saat sesi tanya jawab debat cawapres dengan Muhaimin Iskandar Minggu malam. Gibran menyebut tim kampanye Amin Tom Lembong menyatakan bahwa mobil Tesla tak lagi menggunakan baterai dari nikel. Selengkapnya baca di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya