Jalan Rusak di Jawa Tengah Bertahun-tahun Enggak Beres, Jokowi Instruksikan Ganti Aspal ke Beton

Jokowi tinjau pembangunan Inpres jalan di Sragen, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Antara.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir pembangunan jalan Solo-Purwodadi, Jawa Tengah pada Selasa, 23 Januari 2024, yang masih rusak bertahun-tahun. Padahal, kata dia, pemerintah sudah menggelontorkan dana untuk perbaikan jalan yang rusak di wilayah Jawa Tengah.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi ketika ingin memberikan sertifikat dan peninjauan perbaikan Jalan Solo-Purwodadi, Jawa Tengah.

“Kita ngecek pembangunan perbaikan Jalan Solo-Purwodadi yang sudah bertahun-tahun tidak beres-beres. Bener?,” kata Jokowi di Grobogan.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Jokowi tinjau perbaikan jalan Solo-Purwodadi.

Photo :
  • Antara.

Menurut dia, tanah di lokasi itu terus bergerak sehingga jalan aspal yang telah dibangun cepat mengalami rusak. Sebab, Jokowi mengaku suka lewat setiap satu atau dua kali lewat jalan tersebut.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

“Saya tahu karena hampir setiap minggu itu sekali, dua kali, tiga kali lewat, begitu diperbaiki, diaspal setahun dua tahun rusak lagi karena memang tanahnya bergerak,” jelas dia.

Makanya, Jokowi sudah memerintahkan supaya perbaikan jalan di Solo-Purwodadi diaspal yang bagus menggunakan beton sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lantaran sering rusak jalanannya. Di samping itu, Jokowi mengapresiasi kinerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.

“Saya perintahkan tidak boleh aspal lagi, ini harus dibeton pakai beton setebal 25 cm, pakai rigid beton. Tadi kita coba mulus. Mugi-mugi boten rusak melih (semoga tidak rusak lagi). Memang biayanya mahal, tapi awet bertahun-tahun enggak mengganggu aktivitas masyarakat. Terima kasih Pak Basuki,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya