Hasil Seleksi PPIH Arab Saudi Diumumkan 26 Februari 2024

Jemaah haji Indonesia di Bandara (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

JAKARTA – Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) telah menyelesaikan seluruh tahapan seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M tingkat pusat. Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie, mengumumkan bahwa hasil seleksi ini akan diumumkan pada akhir Februari 2024.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Proses seleksi PPIH Arab Saudi tingkat pusat dimulai dengan pendaftaran dan seleksi berkas yang berlangsung dari 11 hingga 19 Januari 2024. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Pusaka Superapps Kementerian Agama. Scroll lebih lanjut ya.

Peserta yang lolos verifikasi berkas selanjutnya mengikuti tahap seleksi Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara. Tahap ini dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada 25 Januari 2024.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Anna Hasbie menyampaikan, "Hasil seleksi PPIH Arab Saudi akan kita umumkan pada 26 Februari 2024," menegaskan tanggal pengumuman hasil seleksi.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ditjen PHU saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk penyelenggaraan ibadah haji. Di dalam negeri, proses pelunasan tahap pertama berlangsung hingga 12 Februari 2024. Sementara di luar negeri, Tim Ditjen PHU sedang aktif menyiapkan layanan bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, termasuk layanan konsumsi, transportasi, dan akomodasi.

Anna Hasbie menambahkan, "Kita juga sedang menggodok skema pelatihan petugas haji agar bisa lebih efektif dan mampu melahirkan petugas yang siap dan profesional dalam melayani jemaah." 

Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie

Photo :
  • ist

Lebih lanjut, ia menyatakan, "Insya Allah tidak lama setelah pengumuman hasil seleksi, kita akan selenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi para petugas haji. Semoga Bimtek bisa digelar sebelum Ramadhan," menegaskan harapan untuk menyelenggarakan pelatihan teknis bagi para petugas haji dalam waktu yang singkat setelah pengumuman hasil seleksi.

Dengan demikian, progres dan persiapan yang telah dilakukan oleh Ditjen PHU menunjukkan komitmen dalam menjalankan tugas penyelenggaraan ibadah haji dengan optimal, mencakup aspek seleksi petugas, persiapan layanan, dan pelatihan untuk memastikan pelayanan yang berkualitas bagi jemaah haji Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya