Presiden Jokowi Ingin Taruna dan Taruni Akmil Magelang Beradaptasi dengan Disrupsi Teknologi

Prabowo Renovasi Graha Utama Akmil, Diresmikan Jokowi
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan gedung Graha Utama Akademi Militer atau Akmil Magelang, Jawa Tengah, pada Senin, 29 Januari 2024. Presiden mengatakan, landscap ekonomi global dan politik global sekarang ini bergerak berubah. Maka dari itu, ia berharap para taruna-taruni harus mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Disrupsi melanda ke semua negara. Perubahan teknologi juga sekarang muncul di setiap saat dan berubah-ubah begitu sangat cepatnya. Oleh sebab itu, Akademi Militer juga sama, harus mampu dan mau menyesuaikan beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara sangat senang bisa bertemu para taruna-taruni di Akmil Magelang. Menurut dia, ini kawahnya para prajurit TNI terbaik angkatan darat, tempat menempa mental, menempa intelektual dan menempa ketangguhan.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

“Saya harap dengan penambahan fasilitas pendiidikan ini Akmil Magelang akan semakin maju, menghasilkan semakin banyak prajurit yang tangguh dan profesional, yang siap mendedikasikan kemampuan terbaiknya untuk menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa, mewujudkan kemajuan Indonesia,” jelasnya.

Disamping itu, Jokowi mengatakan para taruna-taruni militer memang memerlukan pembelajaran science, technology, engineering, mathematic untuk menghadapi disrupsi teknologi di semua negara.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

“Kalau kita lihat sekarang ini, yang namanya kapal tanpa awak sudah sangat biasa, pesawat besar tanpa awak juga biasa, mobil tanpa awak di mana-mana, drone yang dipersenjatai dengan face recognition bisa mengejar sasaran tepat, akurat,” paparnya.

Dalam peresmian ini, hadir Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. 

Kemudian hadir juga, purnawirawan TNI antara lain, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Jenderal (Purn) Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Hendropriyono, mantan Menhan RI Jenderal (Purn) Agum Gumelar, hingga mantan KSAD Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman. 

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, siang hari ini saya resmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang di Provinsi Jawa Tengah," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya