Profil Asep Saepudin Jahar, Rektor UIN Jakarta yang Jadi Panelis Debat Kelima Pilpres 2024

Asep Saepudin Jahar
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan 12 orang panelis debat kelima Pilpres 2024 yang bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada Minggu, 4 Februari 2024.

Diprotes Mahasiswa Uang Kuliah Naik, Wakil Rektor USU Sebut Disetujui Pemerintah

Anggota KPU RI August Mellaz menjelaskan, 12 nama tersebut telah mengonfirmasi kesediaan mereka menjadi panelis dan dikarantina dua hari sebelum acara debat yaitu pada Jumat, 2 Februari 2024.

Asep Saepudin Jahar

Photo :
  • Istimewa
SMMPTN Barat 2024 Konsorsium BKS-PTN Barat Resmi Diluncurkan, Ini Kata Rektor USU

Mellaz mengatakan, mayoritas para panelis terdiri atas akademisi dan beberapa praktisi yang tergabung dalam organisasi masyarakat sipil.  Salah satu panelis debat kelima pilpres 2-2-24 ini adalah lengkapnya of. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D. berikut profilnya:

Profil Asep Saepudin Jahar

Meniti Perjalanan dari Kelas Hingga Lapangan, Praja IPDN dalam Latsitardanus 2024

Asep Saepudin Jahar atau gelar lengkapnya Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D. merupakan Guru Besar dan Rektor UIN Jakarta periode 2023-2027. Sebelum menjadi Rektor UIN Jakarta, Asep pernah menjabat sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta untuk periode 2019-2023.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), dan Kepala Pusat Layanan Humas dan Bantuan Hukum LP2M UIN Jakarta.

Asep Saepudin Jahar juga dikenal sebagai Guru Besar dalam bidang Sosiologi Hukum Islam dan sudah menulis artikel serta buku-buku akademik seperti Hukum Keluarga, Pidana & Bisnis (2013) dan Dualisme Hukum Perkawinan Islam di Indonesia Fiqh dan KHI (2021).

Pendidikan yang ditempuh oleh Asep sendiri mulai dari pendidikan S1 di IAIN Jakarta dengan Jurusan Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah (1995), lalu gelar magister atau S2nya di McGill University, Montreal, Kanada dalam bidang Islamic Studies-Hukum Islam (1999).

Adapun gelar doktor (S3) ia dapatkan dengan menempuh pendidikan bidang Bahasa Arab dan Filologi (2005) di Leipzig University yang ada di Jerman. Sebelum masuk perguruan tinggi Asep juga merupakan lulusan Pondok Modern Gontor dan menempuh Sekolah Dasar di 1 Menes serta pendidikan SMP di SMPN 1 Menes, Pandeglang, Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya