AICIS 2024 Akan Lahirkan Semarang Charter untuk Tangani Krisis Kemanusiaan Global

Konferensi pers para tokoh agama dunia di AICIS 2024
Sumber :
  • Istimewa

Semarang – Konferensi Tahunan Internasional Studi Islam atau Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 pada tahun 2024 ini akan menghasilkan kesepakatan Semarang Charter, sebuah langkah penting dalam menangani krisis kemanusiaan di tingkat global.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Dengan tema "Redefining the Roles of Religion in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice, and Human Right Issues," AICIS tahun ini lebih dari sekadar sebuah forum akademis. 

Para tokoh agama dunia di AICIS 2024

Photo :
  • AICIS 2024
Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis), Muhammad Ali Ramdhani, AICIS bukan hanya tentang pemikiran tetapi juga memberikan solusi konkret untuk krisis global.

"AICIS bukan hanya sebagai forum akademik yang eksklusif dan teoritik tetapi sebagai forum akademik yang sekaligus memberikan tawaran solusi berbagai krisis global," kata Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani di UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah pada Jumat, 2 Februari 2024. 

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Konferensi pers para tokoh agama dunia di AICIS 2024

Photo :
  • Istimewa

Melalui konsep cinta dan kasih, AICIS berusaha menekankan kembali peran agama sebagai norma nilai untuk menciptakan perdamaian dunia. AICIS berupaya untuk tidak hanya menyajikan pemikiran, tetapi juga menghasilkan tindakan nyata untuk menjadikan agama sebagai norma yang membangun peradaban manusia.

"Tentu saja tidak sekadar menghadirkan pemikiran tetapi apabila ada aksi-aksi nyata agar agama benar-benar hadir menjadi sebuah norma untuk membangun peradaban manusia," ujarnya.

"Kita melakukan aktivitas ini juga akan melahirkan Semarang Charter, insyaallah kalau disepakati bersama," sambungnya. 

Kegiatan ini juga akan melahirkan Semarang Charter, yang diharapkan dapat diserahkan kepada Kementerian Luar Negeri dan diangkat secara global di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

AICIS 2024, yang diselenggarakan di UIN Walisongo, Semarang, menjadi peristiwa bersejarah karena kembali ke tempat pertamanya pada tahun 2001. Dulu dikenal sebagai ACIS (Annual Conference on Islamic Studies), konferensi ini semakin berkembang dan menarik perhatian akademisi muslim dari berbagai negara.

Dengan penyelenggaraan yang berlangsung pada tanggal 1 hingga 4 Februari 2024, AICIS 2024 mencakup sejumlah rangkaian kegiatan, mulai dari sesi pleno, pertemuan pemimpin otoritas agama, diskusi paralel, hingga pameran produk halal dan pendidikan tinggi internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya