35 Desa Terkena Dampak, Ini 5 Fakta Banjir yang Melumpuhkan Jalur Demak-Kudus

Viral Banjir Lumpuhkan Jalur Demak-Kudus
Sumber :
  • cherryblossoms11_

Kudus - Akibat intensitas hujan tinggi yang menyebabkan banjir sekitar 1,5 meter hingga melumpuhkan Jalur Pantura Timur Kudus-Demak, Jawa Tengah.

Terpopuler: SYL Bayar Biduan Pakai Uang Korupsi, Jokowi Down dan Tangerang Banjir

Akibat banjir tersebut yang terjadi pada Jumat 8 Februari 2024 lalu, pastinya banyak warga yang terkena dampaknya. Berikut beberapa fakta menarik banjir yang melumpuhkan jalur Demak-Kudus, dilansir berbagai sumber sebagai berikut:

1. 11.400 Orang Mengungsi

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Warga Demak saat banjir.

Photo :
  • istimewa/Teguh Sutrisno

Akibat banjir yang menimpa kabupaten Demak dan Kudus setidaknya kurang lebih ada sekitar 11.400 orang yang harus mengungsi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

PDIP Klaim 5 Ribu Suaranya Direbut PAN di Dapil Jawa Barat IV

"Saat ini, ada 11.400-an warga yang kami ungsikan, baik di Kabupaten Demak maupun Kudus," katanya saat meninjau lokasi banjir di Jembatan Tanggulangin Kabupaten Kudus di Kudus, dilansir Antara.

2. 7 Kabupaten Terkena Dampak Banjir

Banjir di Demak, Jawa Tengah.

Photo :
  • istimewa

Banjir tersebut berdampak ke 35 desa di tujuh Kabupaten, "Kecamatan Karanganyar paling terdampak. Tadi kami ngecek ke lokasi, rumah (terendam banjir) hampir satu atap. Satu kampung tertutup air," ungkap Nana Sudjana.

3. Tanggul Sungai Wulan Jebol

Tidaknya hanya intensitas hujan yang tinggi saja yang mengakibatkan banjir di kabupaten Kudus dan Demak, ternyata Sungai Wulan di perbatasan Kabupaten Kudus dan Demak jebol.

Nama Sudjana memaparkan lebih lanjut, ada dua tanggul Sungai Wulan yang jebol, satu berukuran 33 meter dan satunya berukuran 20 meter hingga menyebabkan banjir sampai ke pemukiman warga dan lahan pertanian.

4. Siapkan Jalur Alternatif

Viral Banjir Lumpuhkan Jalur Demak-Kudus

Photo :
  • cherryblossoms11_

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Polda Jateng akan mempersiapkan jalur alternatif bagi pengguna jalan yang sering melewati jalur Kudus-Demak, setidaknya ada tiga jalur, hal tersebut disampaikan oleh Nana Sudjana.

Jalur pertama yaitu rute dari Pati-Kudus dialihkan melalui jalur Kudus-Margoyoso, kedua, Pati-Tayu menuju ke jalur Keling-Jepara-Margoyoso-Welahan-Trengguli lalu melitas Lingkar Demak dan Tol Demak-Semarang dan ketiga arah Pati melewati Pati-Lingkar Utara Purwodadi-Godong-Demak-Lingkar Demak-Tol Demak-Semarang.

5. Mulai Surut

Banjir di jalur Demak-Kudus diperkirakan mencapai 1 hingga 2 meter. Namun kini banjir tersebut perlahan mulai surut. Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak M Agus Nugroho Luhur P di Demak.

"Genangan banjir memang mulai terlihat surut, termasuk di Kecamatan Karanganyar karena genangan banjir mulai meluas," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak M Agus Nugroho Luhur P di Demak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya