Jelang Valentine, Perajin Buket di Jombang Kebanjiran Pesanan

Perajin merangkai buket pesanan jelang Valentine.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Jombang –  Valentine day atau hari kasih sayang rupanya mendatangkan berkah tersendiri bagi perajin buket di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Hal ini dialami oleh Dwi Indah Kurniati (23 tahun), perajin buket asal Desa Sengon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Pada momen valentine tahun 2024, ibu muda ini mendapatkan pesanan yang meningkat bila dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Dwi yang menggeluti usaha sejak tahun 2020 itu menjelaskan, pada momen valentine tahun ini ia menerima banyak pesanan. Bahkan pesanan naik 3 kali lipat bila dibandingkan hari biasa.

BI Proyeksikan Suku Bunga The Fed Turun Satu Kali pada 2024

"Jadi ini tuh saya lagi bikin pesanan buket valentine. Kalau peningkatan sih mungkin bisa dibilang naiknya bisa 2 hingga 3 kali lipat dibanding hari-hari biasa," kata Dwi, Selasa, 13 Februari 2024.

Ilustrasi valentine

Photo :
  • Pixabay
Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil

Dwi menuturkan, pada hari biasa ia hanya memproduksi 5 hingga 10 buket. Namun saat momen valentine tahun ini, ia memproduksi buket bunga dan cokelat hingga puluhan jumlahnya.

"Biasanya setiap hari buat 5 sampai 10 an buket biasanya, kalau hari-hari event tertentu seperti hari valentine ini bisa sampai 20 hingga 30 buket setiap harinya. Kalau saat ini itu rata-rata buket valentine coklat, terus ada yang bunga fresh dan asli," ujar Dwi. 

Ia menegaskan harga setiap pesanan buket pada momen valentine ini, berbeda. Bergantung dengan varian dan jenis barang yang dipesan oleh pelanggan. Namun ia mengklaim harga buket yang ia produksi sangat ramah di kantong. Sehingga banyak sekali pelanggan dari Jombang maupun luar Jombang yang memesan. 

"Dibandrol dari harga paling rendah Rp10 ribu rupiah hingga paling tinggi Rp300 ribu rupiah. Pesanan paling jauh dari Lamongan perbatasan Jombang," tutur Dwi. 

Dwi mengaku omset yang ia dapat dalam momen valentine ini mengalami peningkatan yang cukup pesat dibanding hari biasa.  "Omsetnya mungkin di antara Rp3 juta sampai Rp4 juta bersihnya," kata Dwi. 

Sementara itu, Alisa Mutiara pelajar SMP yang memesan buket tema valentine ini mengatakan, ia sengaja memesan buket cokelat dengan bunga pada momen valentine day untuk diberikan pada seseorang yang ia sayangi.

"Lagi ngambil buket valentine. Ya buat hari valentine, buat pacar saya. Pilih buket yang warna pink dan ada cokelatnya. Karena hari kasih sayang, harapannya jadi semoga dia lebih sayang sama aku," tutur Alisa.

Ia mengaku sudah lama berlangganan buket di tempat usaha Dwi, hal ini dikarenakan buket yang ia pesan hasilnya selalu memuaskan dan harganya terjangkau bagi pelajar.

"Iya sudah langganan selalu beli di sini karena kualitasnya bagus-bagus dan lucu-lucu juga," kata Alisa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya