5 Lembaga Survei Paling Akurat untuk Pantau Hasil Pilpres 2024

Capres Pilpres 2024
Sumber :

Jakarta – Hasil survei sering menjadi sorotan sebagai salah satu cara perhitungan yang akan mencerminkan pemenang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres). Meski sebenarnya belum bisa dipastikan hasil akhir perhitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Berbagai lembaga survei turut meramaikan perbincangan dengan hasil yang cukup beragam sehingga mencerminkan metode dan pendekatan berbeda dalam mengukur elektabilitas calon. Terdapat puluhan lembagai survei yang telah terdaftar dan ikut meramaikan pemilu 2024. 

Sekitar 83 lembaga survei telah mendapatkan legitimasi dalam melaksanakan kegiatan survei atau jajak pendapat juga penghitungan cepat hasil Pemilu oleh KPU. Namun, ada beberapa lembaga survei yang dinilai paling akurat dalam memprediksi pemenang pemilu tersebut. 

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Dalam menilai seberapa akurat hasil survei dengan realitas lapangan, salah satunya bisa dengan membandingkan hasil survei dan perolehan suara pada Pilpres sebelumnya. Nah, berikut beberapa lembaga survei paling akurat untuk pantau hasil pemilu 2024. 

1. Poltracking Indonesia

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Survei poltracking

Photo :
  • Dok.istimewa

Hasil hitung cepat atau quick count Poltracking Indonesia dinilai yang paling akurat mendekati survei terakhir sebelum pencoblosan. Selisih survei dan hitung cepat lembaga ini hanya 0,45%. Dalam pilpres 2019, Poltracking Indonesia memprediksi Jokowi-Maruf pemenangnya dengan perolehan suara mencapai 54,5%. 

2. Cyrus Network

Awak media melihat langsung hasil survei yang di gelar oleh pusat penghitungan suara Cyrus Network di Bandar Lampung, Lampung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah

Selain itu, hasil hitung cepat yang paling akurat lainnya adalah Cyrus Network. Dalam pilpres 2019 silam, lembaga survei satu ini juga menempatkan Jokowi-Maruf sebagai pemenangnya dengan perolehan suara mencapai 56,4% dan hitung cepat 55,6% atau selisih 0,80%. 

3. Voxpol Center Research

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago

Photo :

Voxpol Center Research juga menjadi salah satu lembaga survei yang paling akurat saat menghitung suara dalam pemilihan presiden pada 2019 lalu. Pada saat itu, Voxpol mencatat bahwa Prabowo-Sandi adalah pasangan yang kalah dengan elektabilitas mencapai 43,3% dan hasil hitung cepat mencapai 45,45%.

4. Charta Politica

Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya memaparkan survei nasional konstelasi elektoral Pilpres dan Pileg 2019

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Tak mau ketinggalan, Charta Politica juga menjadi lembaga survei yang paling akurat dalam menghitung suara pilpres 2019 silam. Pada saat itu, Charta mencatat elektabilitas Jokowi-Maruf berada di atas Prabowo-Sandi dengan angka mencapai 55,7% terpaut 1,36% dari hitung cepat 54,34%.

Denny Januar Ali, Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA

Photo :
  • Dok. Istimewa

Pada pilpres 2019 silam, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA sempat memprediksi pasangan calon yang akan menduduki posisi eksekutif pemerintahan. Pada saat itu, LSI Denny JA mencatatkan kemenangan pasangan Jokowi-Maruf dengan peroleh suara mencapai 58,5%. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya