Warga Tasikmalaya Sulap Toilet Umum Jadi Bilik Suara Pemilu 2024

Toilet umum di Tasikmalaya dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS)
Sumber :
  • tvOne/Denden Ahdani

Tasikmalaya Toilet umum di Kota Tasikmalaya dijadikan tempat pemungutan suara (TPS) di Pemilu 2024, Rabu, 14 Februari 2024. Warga Kampung Gunung Karikil, Kelurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, memanfaatkan toilet umum yang jumlahnya empat ruang berjejer untuk dijadikan bilik suara.  

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Tapi jangan khawatir. Meskipun toilet umum, pengurus KPPS dan warga setempat telah mempercantik toilet yang akan dijadikan bilik suara tersebut. Toilet sudah dimodifikasi semenarik mungkin dan tidak akan mengeluarkan bau tentunya. Pasalnya, sejak beberapa hari sebelum pencoblosan, closet dan saluran air toilet umum tersebut sudah ditutup.

Toilet umum di Tasikmalaya dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani
Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Dari segi tampilan pun, toilet umum tersebut sudah ditutupi oleh kain background mirip seperti hiasan pernikahan. Tak hanya itu, emak-emak warga setempat pun sibuk menghiasi sudut toilet dengan hiasan bunga.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPPS TPS 36 Gunung Karikil, Hendrayana mengaku pihaknya memakai toilet umum untuk dijadikan bilik suara lantaran keterbatasan tempat. Maka dari itu, pihaknya memaksimalkan lokasi yang ada. Biasanya, toilet umum itu dijadikan MCK untuk warga dari beberapa RT di kampung tersebut.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Alasannya memang keterbatasan tempat, jadi dimaksimalkan dengan tempat yang ada. Ini toilet adalah MCK untuk umum untuk warga di sini," kata Hendrayana, dikutip Rabu, 14 Februari 2024

Toilet umum di Tasikmalaya dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Photo :
  • tvOne/Denden Ahdani

Menurut Hendrayana, pemanfaatan toilet umum untuk TPS ini bukan kali pertama dilakukan. Ternyata, sejak tahun 2009 lalu, warga sudah melakukan pencoblosan di tempat yang unik tersebut. Ia mengaku, selama proses pemungutan suara tak pernah ada kendala yang berarti. Diharapkan, pencoblosan esok hari juga tak menemukan kendala.

"Sebelumnya juga sering dipakai TPS, udah biasa sejak tahu  2009 lalu, setiap Pemilu suka dipakai tempat pencoblosan. Kalau kendala alhamdulillah tidak ada ya, setiap pencoblosan juga lancar. Mudah-mudahan Pemilu esok hari juga ada kelancaran. Semoga cuacanya cerah," ujarnya.

Laporan: Denden Ahdani/tvOne Tasikmalaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya