5 TPS di Bali Akan Menggelar Pemungutan Suara Ulang

Ilustrasi Pemilu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bali – 5 TPS di Bali akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Selasa, 20 Februari 2024. Mekanisme Pemungutan Suara Ulang (PSU) dilakukan seperti awal saat pemungutan suara.

Suasana Rumah Mahalini Raharja di Bali Jelang Pernikahan dengan Rizky Febian

Lima TPS itu yakni, 2 TPS di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng dan 2 TPS di Desa Temukus yang juga berada di Kabupaten Buleleng. Sedangkan 1 TPS berada di Desa Pering, Kabupaten Gianyar.

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Segera Dipersunting Rizky Febian dengan Prosesi Ijab Kabul, Mahalini Raharja Bakal Mualaf?

Komisioner KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan menjelaskan, Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Desa Pedawa, Buleleng, dilakukan di TPS 4 dan 5.

"Karena surat suara tertukar dari dapil 3 masuk ke dapil 8 untuk tingkatan DPRD Kabupaten/Kota maka dilakukan proses pemilihan suara ulang,” kata Komisioner KPU Bali I Gede John Darmawan, Senin, 19 Februari 2024.

Cara Polisi Jaga Nyawa Petinggi Negara saat World Water Forum di Bali

Sedangkan di desa Temukus, proses pemungutan suara dilakukan karena petugas KPPS memberikan surat suara kepada 5 orang pemilih yang ber KTP luar Bali. Atas rekomendasi Bawaslu kemudian dilakukan pemungutan suara ulang.

Sedangkan di TPS 14, Desa Pering, Kabupaten Gianyar, dua orang pemilih ber-KTP luar Bali diijinkan oleh petugas KPPS melakukan pencoblosan.

"Dua pemilih ini menggunakan KTP dan formulir C Pemberitahuan DKI Jakarta dan petugas KPPS memberikan surat suara presiden saja," jelasnya.

Kelalaian petugas KPPS itu, kata John Darmawan, masih akan ditelusuri kemungkinan untuk menjatuhkan sanksi.

"Rekan Bawaslu Gianyar sedang melakukan proses terkait dengan ini," kata John.

Pemungutan Suara Ulang menggunakan logistik surat suara yang bertanda PSU. John mengatakan, setiap dapil diberikan 1.000 surat suara PSU dengan mekanisme yang sama seperti pencoblosan sebelumnya.

"Jadi ada form C Pemberitahuan ulang atau yaitu C Pemberitahuan PSU yang disebarkan kepada masyarakat untuk bisa hadir ke TPS pada tanggal 20 Februari 2024," kata John Darmawan.

Sementara, jumlah pemilih Pemungutan Ulang (PSU) di Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, togal sebanyak 283. Di TPS 4 pemilih laki-laki 133 dan perempuan 150. Sedangkan, di TPS 5 total pemilih 248, terdiri dari laki-laki 124 dan perempuan 124.

Pemilu/Ilustrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

PSU di Desa Pedawa, TPS 5 jumlah pemilih 292 terdiri dari laki-laki 150 dan perempuan 142. TPS 6 total pemilih 273 terdiri dari laki-laki 130 dan perempuan 143.

Di desa Pering, Kabupaten Gianyar PSU diikuti oleh 271 dengan pemilih laki-laki 135 dan perempuan 136. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya