4 Orang di Jombang Meninggal Dunia Karena DBD

Pasien yang dirawat di RSUD Jombang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Jombang – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tergolong mengkhawatirkan. Sejauh ini ada 4 pasien yang dinyatakan meninggal dunia usai terkena serangan virus mematikan yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti itu.

Klinik Blastula IVF Siloam Hospitals Lahirkan Program Bayi Tabung ke 300

Dari 4 pasien yang meninggal tersebut, 3 di antaranya berusia anak-anak, dan 1 orang berusia dewasa. Meski demikian, per hari ini Jumat, 23 Februari 2024 ada 21 orang pasien yang dirawat di RSUD Jombang.

Direktur RSUD Jombang, dr Ma'murotus Sa'diyah, menjelaskan sejak 22 Februari 2024 kemarin ada sekitar 21 pasien yang menjalani perawatan di RSUD Jombang. Mereka merupakan pasien yang terkena infeksi virus dengue (IVD). 

Kasus DBD Naik, PPDI Minta Perempuan RI Ikut Donor Darah

Nyamuk DBD/ilustrasi.

Photo :
  • www.jakarta.go.id

Dari 21 pasien tersebut 6 di antaranya menjalani perawatan intensif di ICU RSUD Jombang usai 6 pasien tersebut dinyatakan positif DBD.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Yang dirawat di kami (RSUD Jombang) ada 21 pasien, untuk usia anak-anak ada 17, dan dewasa ada 4 pasien," kata Ma'murotus, Jumat, 23 Februari 2024.

Ia pun menegaskan bahwa pasien yang meninggal kemarin akibat DBD, kebanyakan usia anak-anak usia belasan tahun. Sedangkan dari 21 pasien yang dirawat di RSUD Jombang, semua kondisi pasien membaik, namun ada 6 pasien yang dirawat di ICU RSUD Jombang karena membutuhkan perawatan khusus. 

"Yang meninggal kemarin itu kebanyakan anak-anak, ya. Usianya belasan tahun. Yang kita rawat 21 ya, dan yang 6 positif DBD. Sejak dua hari kemarin mereka dirawat di ICU RSUD Jombang," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 331 warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terjangkit infeksi virus dengue (IVD), dan 4 meninggal dunia usai dinyatakan positif demam berdarah dengue (DBD).

IVD sendiri terdeteksi mengalami peningkatan sejak memasuki musim penghujan. Dan warga masyarakat diminta untuk waspada.

Berdasarkan data Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mencatat, jumlah pasien per Februari sudah ada 331 pasien yang menjalani perawatan akibat infeksi virus dengue, 4 diantaranya meninggal dunia akibat Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Februari merupakan puncak angka kasus IVD, dari data yang kita miliki terdapat 331 kasus IVD, 4 pasien meninggal dunia antara lain 3 anak-anak, dan 1 dewasa," tutur Plt Kepala Dinkes Jombang, Syaiful Anwar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya