VIVA Round Up

Terpopuler: Peluncuran Rudal Balistik India hingga Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai

Militer India melakukan uji coba rudal Agni-5 di Teluk Benggala
Sumber :
  • X @DRDO_India

VIVA Round Up – Berita tentang uji coba peluncuran rudal balistik India di sekitar Teluk Benggala jadi berita terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Selasa, 12 Maret 2024. Pemberitahuan resmi atau Notice to Airmen (Notam) pun muncul di Sri Lanka untuk menginformasikan penutupan wilayah udaranya. Itulah yang membuat pesawat Lion Air memutar-mutar di langit Binjai.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Sri Lanka mengumumkan Notam terkait perubahan waktu penutupan sementara wilayah udara di negara tersebut pada Senin, 11 Maret 2024. Karena wilayah Sri Lanka ditutup itu, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 yang membawa jemaah umrah dari Surabaya menuju Jeddah terpaksa melakukan pengalihan pendaratan ke bandara Kualanamu. 

Peristiwa itu pun sempat viral di media sosial, dimana pesawat Lion Air JT-106 itu terpaksa melakukan holding atau terbang mengelilingi wilayah udara Kota Binjai, Sumatera Utara.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Penutupan wilayah udara Sri Lanka menyusul uji coba rudal Agni-5 oleh militer India di lepas pantai Visakhapatnam pada Senin, 11 Maret 2024. Zona larangan yang ditetapkan dalam Notam ini mencakup wilayah sepanjang 3.500 kilometer, hingga teluk Benggala.

Kabar terpopuler lainnya adalah tentang fakta-fakta jatuhnya pesawat Smart Aviation di Nunukan Kalimantan Utara hingga penyelidikan motif tewasnya satu keluarga lompat dari apartemen karena terjerat utang.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Simak selengkapnya 5 berita terpopuler tersebut yang dirangkum dalam VIVA Round Up di bawah ini: 

1. Peluncuran Rudal Balistik India di Teluk Benggala 'Paksa' Lion Air Mendarat di Kualanamu

Militer India melakukan uji coba rudal Agni-5 di Teluk Benggala

Photo :
  • X @DRDO_India

Sri Lanka mengumumkan pemberitahuan resmi (NOTAM) terkait perubahan waktu penutupan sementara wilayah udara di negara tersebut pada Senin, 11 Maret 2024.

Buntut dari penutupan itu, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 yang membawa jemaah umrah dari Surabaya menuju Jeddah terpaksa melakukan pengalihan pendaratan ke Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin malam. 

Baca selengkapnya di sini

2. Viral! Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai, Ini Penjelasan Manajemen

Lion Air saat mendarat di Bandara Kualanamu.(istimewa/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Pesawat Lion Air memutar-mutar di langit Kota Binjai, Sumatera Utara, Senin malam, 11 Maret 2024, sekitar pukul 19.00 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan JT-106 menjadi pusat perhatian warga dan viral di media sosial.

Berdasarkan informasi diperoleh VIVA Medan, bahwa pesawat, dengan rute Surabaya menuju Jeddah. Saat melintas di kawasan udara di Sumut ini, sempat pemberitahuan resmi NOTAM dari otoritas di Sri Lanka yang menyatakan penutupan sementara wilayah udara di negara tersebut.

Baca selengkapnya di sini

3. 5 Fakta Jatuhnya Pesawat Smart Aviation di Nunukan Kalimantan Utara

Evakuasi pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Kaltara

Photo :
  • Dok Lanud Anang Busra

Jatuhnya pesawat Smart Aviation terjadi pada Jumat lalu, 8 Maret 2024. Selain itu juga, dentuman pesawat jatuh terdengar oleh warga, hingga akhir warga setempat pun mencoba mencari sumber bunyi dentuman tersebut. 

"Kami baru selesai pertemuan malam ini dan pada hari Sabtu, warga kami ada tim yang melakukan pencarian," kata Kades Ba Binuang Kalvin Daud Ipid/Pagu saat dihubungi dari Tarakan, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

4. Polisi Selidiki Motif Tewasnya Satu Keluarga Lompat dari Apartemen karena Terjerat Utang

Selidiki kasus kematian satu keluarga yang nekat terjun bebas dari lantai 22 apartemen Teluk Intan Tower Topas, kawasan Penjaringan Jakara Utara, polisi mendalami dugaan motif utang yang menjerat para korban.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Kasus kematian satu keluarga yang nekat lompat terjun bebas dari lantai 22 apartemen Teluk Intan Tower Topas, kawasan Penjaringan Jakara Utara, masih menyisakan misteri. Polisi mendalami dugaan motif utang piutang yang menjerat para korban. 

Sebab, menurut keterangan penghuni apartemen yang bertetangga dengan korban, beberapa hari sebelum kejadian, korban pernah terlihat didatangi penagih utang.

Baca selengkapnya di sini

5. Intip Peluncuran Rudal Balistik di Teluk Benggala, Kapal China Dipelototi AL India

Kapal penelitian laut China Xiang Yang Hong 01

Photo :
  • africaports

Beberapa hari setelah India mengeluarkan peringatan akan adanya uji coba peluncuran rudal di lepas pantai Odisha, Teluk Benggala, sebuah kapal penelitian Tiongkok bergerak ke pesisir timur India dan saat ini berlabuh di perairan internasional di lepas pantai India.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya