Bayar Zakat Pakai QRIS Baznas, Jokowi: Penyalurannya Harus Tepat Sasaran

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat
Sumber :
  • Biro Setpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan pembayaran zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu, 13 Maret 2024. Tampak, Jokowi dan Ma'ruf Amin membayar zakat dengan menggunakan QRIS yang disediakan di meja panitia zakat.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Selain Jokowi, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut membayar zakat di Istana Negara. Diantaranya Menteri Koordinator Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kemudian Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Wakil Menteri Agama Saiful Dasuki. 

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Selanjutnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta tiga Kepala Staf Angkatan TNI yakni KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan mengaku bersyukur karena masih diberi kesehatan dan kesempatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadan untuk menjalankan ibadah Ramadan 1445 Hijriyah/2024.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Kita juga bersyukur bulan Ramadan yang suci datang kembali dan memberikan kesempatan kepada kita untuk meningkatkan ketakwaan, untuk memperbanyak amalan-amalan kebaikan termasuk berinfak, bersadaqah dan berzakat," kata Jokowi.

Presiden Jokowi Berikan Pangkat Jenderal TNI Kehormatan ke Menhan Prabowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, berzakat adalah kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud syukur dan terima kasih atas berkah yang tak terhingga, atas anugerahkan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. "Dengan berzakat, kita memperkuat pondasi keimanan, menolong kaum duafa, mensucikan jiwa dari sifat kikir, meningkatkan ketenangan batin," jelas dia.

Selanjutnya, Jokowi berpesan agar dana zakat yang terkumpul disalurkan tepat sasaran, disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, memberikan kebahagiaan kepada mustahiq dan ketentraman pada Muzaki.

"Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah Ramadan, kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ucapnya.

Sementara Ketua Baznas, Noor Achmad memberikan penghargaan 'Lifetime Achievement Baznas Award' kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Menurut dia, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin punya peran luar biasa terhadap Baznas Republik Indonesia.

"Ini atas desakan dari Baznas seluruh Indonesia untuk bisa memberikan penghargaan kepada Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden berupa lifetime achievement Baznas Award, karena peran yang luar biasa beliau kepada Baznas Republik Indonesia. Ini adalah rasa terima kasih kami dan sebagai desakan dari Baznas seluruh Indonesia. Untuk tahun depan, mudah-mudahan kami bisa diterima di Istana Negara di IKN," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya