Satgas Pangan Polri Pelototi Pendistribusian Bahan Pokok Selama Ramadan Hingga Lebaran

Satgas pangan polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta – Satgas Pangan Polri terus memastikan ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) di beberapa tempat supaya kestabilan harga tetap terjaga memasuki hari kedua Puasa Ramadan. Memang, ditemukan terjadi peningkatan permintaan beberapa komoditi di masa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024.

Kepala Satgas Pangan Polri, Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan informasi dari manajemen ritel modern bahwa terjadi peningkatan permintaan beberapa komoditi seperti beras, telur ayam dan minyak goreng. Menurut dia, hal itu karena konsumsi masyarakat meningkat di masa Ramadan dan Lebaran.

"Sedangkan, pengamatan Satgas Pangan Polri di tingkat distributor hingga saat ini beberapa Gudang Distribution Center atau Pusat Distribusi sudah mensupply bapokting ke outlet-outletnya untuk pemenuhan kebutuhan hingga beberapa minggu kedepan," kata Whisnu melalui keterangannya pada Rabu, 13 Maret 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan

Photo :
  • ANTARA/Laily Rahmawaty


Adapun, Whisnu menyebut untuk ritel modern di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) ditemukan bahwa perkembangan harga beras medium SPHP di harga Rp10.900/kg, sedangkan beras premium bervariatif di harga Rp12.800/kg - Rp16.500/kg.

Lalu, minyak goreng premium Rp16.650/liter, telur ayam di harga Rp32.100/kg, cabai rawit merah Rp63.900/kg dan daging ayam Rp45.900/kg - Rp50.000/kg.

Menurut dia, pemantauan ini juga dilakukan oleh Satgas Pangan Daerah di beberapa pasar tradisional setempat. Hasil asil pemantauan di Pasar Tambahrejo Surabaya, harga beras medium Rp10.900/kg, telur ayam Rp31.000/kg dan daging sapi Rp106.666/kg.

"Sedangkan untuk Pasar Andir Kota Bandung, harga telur ayam Rp29.000/kg, beras medium Rp11.000/kg dan daging ayam Rp34.000/kg," ujarnya.

Selanjutnya, Whisnu mengatkaan Satgas Pangan juga melakukan koordinasi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terkait dengan pengawasan kendaraan yang mengangkut komoditi pangan tersebut.

"Selain memastikan ketersediaan dan pemantauan harga, Satgas Pangan berkoordinasi dengan Korlantas dalam memastikan kelancaran kendaraan yang mengangkut komoditi pangan agar pendistribusian dari daerah sentra produksi tidak terhambat," pungkasnya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan
Ilustrasi tembakan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota Satuan Lali Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin. Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024